TMMD ke 120, Pemkab Tanbu Turut Ikuti Rakornis bersama Sejumlah SKPD

Rakornis TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120. | Foto : Media Center Tanbu



JURNALBANUA, BATULICIN
-
Pemkab Tanbu ikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Command Center Kodim 1022, Selasa (30/4/2024).

Kegiatan di ikuti oleh Bupati Tanah Bumbu di wakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Eka Safrudin, Perwira seksi teritorial (Pasiter) Kapten Inf Wahyono, Bapedalitbang, dan Anggota Dewan.

Kepala Staf Angkatan Darat Waaster Kasad Bidang Perencanaan dan Kemampuan Teritorial, Brigjen TNI Terry Tresna Purnama mengatakan bahwa Rakornis merupakan kegiatan yang mengawali TMMD ini dengan tujuan membahas dan mendiskusikan berbagai program yang dapat di sinergikan pada pelaksanaan TMMD ke-120 tahun 2024.

Kegiatan itu direncanakan terlaksana pada tanggal 8 Mei hingga 6 Juni 2024 kedepan secara serentak di 50 Kabupaten/Kota dengan sistem “Botton Up Planning” yang meliputi sasaran fisik dan non fisik.

Merupakan aspirasi dan menyentuh pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan memperhatikan output dan outcome.

“Adapun tema yang di angkat pada TMMD ke-120 ini yakni Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah,”ujarnya.

Dia menambahkan, jika hasil fisik TMMD berupa pembangunan atau peningkatan infrastruktur jalan, jembatan, dan lainnya.

Maka sejalan dengan visi Pemerintah yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur berskala besar dan pembangunan SDM.

Sehingga hasil pembangunan infrastruktur TMMD dapat di hubungkan menuju infrastruktur skala besar program pemerintah pusat.

Begitu pula dengan hasil non fisik TMMD berupa peningkatan pengetahuan masyarakat di lokasi TMMD, di antaranya.

Meliputi pemahaman kesadaran bela negara, kesehatan, stunting, pertanian, perikanan, penyalahgunaan Narkoba, paham radikalisme, lingkungan hidup, ketahanan pangan dan keamanan dan ketertiba masyarakat.

Serta teknologi tepat guna yang dapat membantu masyarakat dalam mengolah potensi di wilayah.

“TMMD merupakan salah satu solusi untuk menjawab aspirasi dan mempercepat pemerataan pembangunan saat ini, bersama komponen bangsa bersatu padu dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah,” tutupnya.

Bersamaan dengan pelaksanaan TMMD ke-120 tahun 2024 ini juga di laksanakan Lomba Karya Jurnalistik TMMD tahap ke-2 tahun 2024.

yang pesertanya dari para Dansatgas TMMD dan wartawan media cetak/online serta media elektronik baik tingkat nasional maupun daerah.(dr/adv/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar