Bingung Memilih Warna Umpan, Berikut Tipsnya - Jurnal Banua
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bingung Memilih Warna Umpan, Berikut Tipsnya

Bingung Memilih Warna Umpan, Berikut Tipsnya


Pernahkah Anda berada lama di toko umpan? Bingung memilih warna umpan yang tepat untuk memancing.

JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Tim Jurnal Banua melakukan riset literature mendalam. Banyak artikel membahas masalah warna umpan tiruan yang paling baik.

Artikel-artikel berkualitas soal warna umpan banyak ditemukan di situs pemancing luar negeri. Salah satunya situs milik Fishing Tackle Traders di Australia.

Banyak artikel menulis, meski masih diperlukan penelitian dalam, tapi ahli menemukan ikan kebanyakan punya dua buah sel retina. Artinya sudah mampu membedakan warna.

Walau begitu, para pemancing sendiri masih banyak ragu pengaruh warna umpan di kedalaman tertentu, atau pada kondisi air tertentu.

Namun banyak sepakat tentang beberapa tips memilih umpan berikut ini.

Cahaya Kurang dan Malam Hari

Jika hari gelap atau cuaca redup, cahaya kurang, kita disarankan menggunakan warna gelap atau hitam. Utamanya malam hari di disarankan memakai hitam.

Alasannya, cahaya redup akan membuat warna terang terlihat samar. Sedangkan warna gelap akan membuat umpan kita seperti siluet yang solid.


Malam hari, warna hitam disebut lebih jelas terlihat dari bawah. Ikan predator biasanya mengincar mangsa dari bawah. Umpan berwarna gelap akan terlihat lebih baik dari bawah.

Hari yang Cerah

Ini masanya mengeluarkan umpan berwarna terang. Silver atau warna emas disebut bekerja dengan baik pada kondisi ini.

Juga warna-warna cerah lainnya. Jika cahaya matahari agak kurang, disarankan menggunakan warna fluorescent. Seperti hijau stabilo, merah muda terang, atau kuning terang.


Warna fluorescent mampu menyerap spektrum cahaya dan memantulkannya, sehingga seperti berpendar.

Kondisi Air Berwarna

Jika warna air kehijauan, kita disarankan menggunakan umpan berwarna hijau pula. Di artikel pemancing lainnya warna putih juga disebut baik pada kondisi ini.

Sementara jika air berwarna keruh kecoklatan, warna jingga, atau hijau kekuning-kuningan disebut akan bekerja dengan baik. Sedangkan untuk air berlumpur, merah bisa jadi pilihan.


Terlepas dari semua itu, banyak pemancing menyarankan agar menggunakan umpan yang mempunyai beberapa warna kontras. Seperti hijau hitam. Kontras dianggap lebih mudah menarik perhatian ikan.

Namun warna juga dianggap tidak memegang peranan teramat signifikan. Ikan predator dinilai mempunya sensitivitas tinggi terhadap gerakan. Misalnya ikan kakap, black bass, ikan gabus dan lainnya.

Para pemancing menilai gerakan dan getaran umpan memegang faktor utama. Perlu diingat ikan akan beradaptasi di tempat dia mencari makanan. Jika tempatnya ribut, maka umpan yang bergetar halus akan lebih menarik perhatiannya ketimbang umpan jenis popper atau pencil yang ribut.

Itu mengapa popper terkadang tidak bekerja baik di daerah dermaga atau muara yang bising oleh aktifitas nelayan. Tapi biasanya bekerja baik di muara yang sunyi.

Demikian beberapa saran atau tips memilih umpan yang dihimpun Jurnal Banua. Seperti ujar-ujar: apa pun umpan yang ada di tangan Anda maka itulah yang terbaik. (JB)

Baca juga: Inilah Umpan Ampuh Memancing Ikan Kakap
Space Iklan

Tags

Posting Komentar