Tanbu Kembali Raih Juara 1 Inovasi TTG

Penerimaan piala juara 1 Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2024. | Foto : Media Center Tanbu



JURNALBANUA, BATULICIN
- Kabupaten Tanah Bumbu kembali meraih juara 1 dalam Lomba
Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2024.

Kepala Dinas PMD Tanbu, Syamsir, menyatakan kebanggaannya atas pencapaian tersebut, Jumat (8/3/2024).

"Alhamdulillah, Tanbu sekali lagi menjadi yang terbaik se-Kalsel dalam lomba ini,” ungkap Syamsir.

Bukan yang pertama kali, peraihan juara ini merupakan yang kedua kalinya dalam dua tahun terakhir. Yang mana pada 2023 lalu, Tanbu juga meraih juara 1 Inovasi Alat Deteksi Banjir dari Posyantek Gunung Karang, Desa Karang Indah, Kecamatan Angsana Tahun 2023.

Pada tahun 2024, Tanbu berhasil meraih Juara 1 dengan inovasi Micro Filter TCM-TB Generasi Kelima, yang dikembangkan di Posyantek Giri Mulya, Kecamatan Kuranji, oleh Bapak Mistai.

Alat ini merupakan alat kesehatan generasi kelima yang digunakan untuk mengambil sampel dahak tes TBC, dengan klaim dapat menurunkan error mesin deteksi TBC hingga 0%.

Keberhasilan ini juga memiliki dampak ekonomis yang signifikan, di mana setiap puskesmas di Kabupaten Tanah Bumbu dapat menghemat hingga Rp 7.572.000,- per tahun karena tidak adanya lagi error pada mesin deteksi TBC.

Pemkab Tanbu memberikan apresiasi atas inovasi TTG yang dihasilkan oleh Posyantek Tanbu, dengan komitmen untuk terus memajukan Posyantek melalui pembinaan rutin dan penyelenggaraan Lomba Inovasi TTG di tingkat kabupaten.

Pencapaian Juara 1 ini juga membawa Tanah Bumbu untuk mewakili Provinsi Kalimantan Selatan pada Gelaran Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) ke XXV 2024, yang akan diselenggarakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada bulan Mei mendatang. (dr/adv/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar