Lima Isu Strategis Jadi Renja BPBD 2025

Forum Perangkat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu. | Foto : Media Center Tanah Bumbu.

JURNALBANUA.COM, BATULICIN – Lima Isu Strategis di Kabupaten Tanah Bumbu menjadi Rancangan Awal Rencana Kerja (Renja) BPBD Tahun Anggaran 2025 mendatang, hal ini disampaikan dalam Forum Perangkat Daerah, Kamis (14/3/2024). 

Adapun lima isu strategis BPBD Tanbu tersebut, dipaparkan Sulhadi yakni tingginya ketidaksesuaian pemanfaatan ruang yang meningkatkan risiko bencana alam serta degradasi kualitas lingkungan hidup, keterbatasan penduduk rentan ekonomi terhadap akses permukiman yang sehat dan aman dari risiko bencana.

"Kemudian kesiapsiagaan masyarakat serta penanggulangan bencana dalam menghadapi bencana tergolong masih rendah. Selanjutnya, efektivitas daerah dalam pencegahan bencana tergolong rendah," sambungnya.

Terakhir, keterbatasan anggaran dan perencanaan yang komprehensif mengenai rehabilitasi rumah terdampak bencana. 

“Lima poin tersebut merupakan program prioritas, untuk mewujudkan Kabupaten Tanbu sebagai daerah yang tangguh bencana,” ucapnya. 

Ia menambahkan, hal ini dapat terwujud dengan mempertimbangkan pengelolaan lingkungan dan prinsip-prinsip pengurangan risiko bencana. (dr/adv/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar