Kejutan Kalsel II: PAN Jawara, PDI P Gagal Lolos?

PREDKSI: Dari kiri ke kanan H Endang Agustina dan H Sudian Noor keduanya dari PAN, H Hasnuryadi Sulaiman dari Golkar, Hj Mariani dari Gerindra dan H Machfud Ariffin dari Nasdem diperkirakan akan lolos ke Senayan. Mengacu pada real count KPU per Selasa 27 Februari 2024 pukul 14.18 WITA | FOTO: IST
JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Kejutan terjadi di Pileg DPR RI dapil dua Kalimantan Selatan. Partai berkelir biru langit, PAN bertengger sebagai jawara dengan perolehan suara yang jauh melampaui partai lainnya.

Selasa 27 Februari pukul 14:18 WITA, di situs KPU jumlah suara masuk telah mencapai 47 persen. PAN telah meraih suara sebanyak 76.303 suara!

Angka itu jauh melampaui raihan suara Golkar yang berada di posisi kedua, sebanyak 46.070 suara. Kemudian di posisi ketiga Gerindra sebanyak 40.916 suara.

Yang mengejutkan adalah, jika di 2019 PDI Perjuangan dan PKB meraih suara terbanyak, tahun ini kedua partai tersebut diprediksi tidak lolos ke senayan.

Di situs KPU dengan waktu yang sama dengan di atas, suara PDI Perjuangan justru berada di bawah Nasdem. Nasdem sampai sekarang nangkring di posisi ke empat raihan suara sebanyak 34.167.

Sementara itu posisi PKB dilampaui PKS, walau suara kedua partai yang mengandalkan suara muslim ini masih terlihat saling kejar. Sementara ini, PKS meraih suara 23.715 suara, hanya selisih enam suara!

Melihat komposisi suara, PAN diprediksi kuat akan mendapat dua kursi ke DPR RI. Melihat suara para calegnya, ada dua nama yang sepertinya tidak dapat dikejar lagi oleh para koleganya. Nama itu adalah H Endang Agustina dan H Sudian Noor.

Perolehan suara kedua politis tersebut jauh berada di atas tiga kandidat PAN lainnya, termasuk Hj Karmila Muhidin.

Mengacu pada data-data di laman KPU ketika berita ini diturunkan, berikut lima caleg yang diperkirakan akan melenggang ke Senayan. (advertorial)

1. H Endang Agustina (PAN)
2. Hasnuryadi Sulaiman (Golkar)
3.Hj Mariana (Gerindra)
4. ⁠Machfud Arifin (Nasdem)
5. ⁠H Sudian Noor (PAN)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar