Perajin Tenun Pagatan Makin Kreatif, Zairullah Bangga

Fashion Show Tenun Muslimah Tanbu Tahun 2022. (Foto: Istimewa)

JURNALBANUA.COM, BATULICIN – Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Fashion Show Tenun Muslimah Tahun 2022, Senin (03/10/2022) malam.

Event ini berlangsung di Education Park, Simpang Empat. Merupakan rangkaian Pameran Ekonomi Kreatif 2022 yang digelar Pemkab Tambu.

Fashion show mengutamakan bahan dasar kain tenun khas Pagatan. Kepala Disporapar Tanbu, Hamaludin Taher mengatakan. Event ini  rutin dilaksanakan.

“Selain fashion show, juga ada pameran UMKM dan pertunjukan seni. Digelar 1–3 Oktober 2022,” sebutnya.

Hamaludin bersyukur. Event ini bisa kembali digelar. Lantaran sebelumnya sempat terhenti dua tahun akibat COVID-19.

 "Kami harap, festival ini dapat mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif. Para seniman dan generasi muda di Tanah Bumbu juga memiliki wadah untuk berekspresi dan berkreasi," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Tanbu Zairullah Azhar mengungkapkan. Ke depan, event ini akan digelar lebih ramai. Dengan melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menampilkan produk unggulan masing-masing.

Ia juga memberi atensi khusus terhadap fashion show tenun muslimah. Dirinya merasa bangga dan gembira karena dapat mendorong pelaku usaha kreatif untuk terus berinovasi dan berkreativitas terhadap tenun khas Pagatan.

Apalagi, pemkab akan menjadikan wisata sebagai sektor unggulan. Sebagai bentuk respons pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Mengingat, jaraknya hanya sekitar 5 Jam dari Batulicin, Tanah Bumbu.

"Keberadaan IKN tentu berdampak pula dengan daerah tetangganya seperti Tanah Bumbu. Yang pada saatnya nanti akan padat dengan aktivitas kunjungan banyak orang. Termasuk para pengusaha, pedagang, wisatawan, investor, dan lain-lain," pungkasnya.(shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar