DLH Tanbu Latih Warga Binaan Kelola Sampah

Lapas Kelas III Batulicin latihan mengelola sampah. (Foto: Istimewa)

JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanah Bumbu (Tanbu) menyasar Lapas Kelas III Batulicin. Mereka menggelar pelatihan pengelolaan sampah.

Kepala Bidang PSLB3 DLH Tanbu, Indah Maya Suryanti menyebut, ini adalah komitmen mereka. Menindaklanjuti surat Lapas terkait bantuan pengelolaan limbah.

“Hasilnya disepakati untuk penanganan sampah jangka pendek yang dihasilkan dari 269 penghuni lapas. Diupayakan dengan strategi pengurangan sampah dengan cara menggelar pelatihan pengelolaan sampah organik dan anorganik," jelasnya mewakili Kepala DLH Tanbu, Rahmad Prapto Udoyo, Selasa (04/10/2022) lalu.

Sasaran pelatihan adalah 12 warga binaan lapas. Digelar sebanyak dua kali. Pada 3 dan 7 Oktober 2022 di lapas.

Materi pelatihan meliputi pengelolaan sampah organik menjadi kompos padat dan cair. Juga pemilahan sampah anorganik yang bernilai ekonomis. 

“Harapannya, dengan pelatihan ini warga binaan mendapatkan ilmu yang berguna. Dan saat masa tahanan mereka berakhir bisa menjadi bekal untuk mata pencaharian saat sudah berbaur kembali dengan masyarakat,” pungkas Indah.(shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar