Damkar Tanbu Harus Serba Bisa, Layani Evakuasi Hewan Berbahaya

Satpol PP dan Damkar Tanbu sedang mengevakuasi reptil. (Foto: Istimewa)

JURNALBANUA.COM, BATULICIN – Pemadam kebakaran (damkar) tak hanya memadamkan api. Tapi juga mengedukasi.

Hal itu diungkapkan oleh Kabid Damkar Dinas Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu (Tanbu), Edwar Rusandi.

"Sesuai pedoman pada Panca Dharma Pemadam Kebakaran. Di dalamnya memuat tugas dan peran damkar yang sangat mulia, ikhlas dan tanpa pamrih. Itulah yang menjadi acuan oleh seluruh anggota dalam melaksanakan tugas," tuturnya mewakili Kepala Satpol PP dan Damkar Tanbu, Anwar Salujang.

Ia menjelaskan. Tupoksi damkar tak melulu hanya memadamkan api bila ada kejadian kebakaran. Tapi juga melakukan penyuluhan atau sosialisasi pencegahan kebakaran kepada masyarakat.

"Sebagaimana yang tercantum dalam Panca Dharma Damkar. Pencegahan dan pengendalian, pemadaman kebakaran, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat, serta penanganan bahan berbahaya dan beracun (B3),” jelasnya, Rabu (05/10/2022) lalu.

Hal itu juga dipertegas, Kasi Pencegahan Dinas Satpol PP dan Damkar Tanbu, Gusti Sandy R. Menurutnya, petugas dilatih dan diberdayakan untuk serba bisa.

Sejauh ini, pihaknya sudah melakukan berbagai cara untuk mengedukasi masyarakat. Mulai dari penyuluhan hingga talkshow.

Mereka juga melakukan berbagai pelayanan. Salah satunya terjun mengevaluasi reptil hingga tawon.(shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar