BLK Tanbu Gelar Pelatihan Kompetensi, Peserta Dapat Perlindungan BPJS

BLK Tanbu menggelar pelatihan berbasis kompetensi. (Foto: Istimewa)

JURNALBANUA.COM, BATULICIN – Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) tak mau lepas tangan. Mereka terus menggenjot kualitas SDM di Bumi Bersujud.

Salah satu upayanya dengan menggelar pelatihan berbasis kompetensi oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Tanbu. Tahap pertama digelar di Kecamatan Kusan Hilir, Rabu (07/10/2022) lalu.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Disnakertrans Tanbu, Avian Noor. Dihadiri Sekcam Kusan Hilir bersama muspika dan perwakilan BPJS Ketenagakerjaan

Avian mengapresiasi digelarnya pelatihan tersebut. Ia optimis, kegiatan ini bisa berbuah positif.

“Ini sebagai upaya pemberdayaan masyarakat untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang masing-masing. Sehingga peserta dapat mengembangkan potensi diri serta meningkatkan kesejahteraan hidup melalui pengembangan aktivitas usaha ekonomi,” katanya mewakili Bupati Tanbu, Zairullah Azhar.

Ia juga menyampaikan pesan bupati. Agar semua peserta mengikuti pelatihan dengan baik. Menyimak sungguh-sungguh setiap materi yang disampaikan oleh instruktur.

Sementara itu, Kepala BLK Tanbu, Hamdan Rusli Habibi dalam laporannya menyampaikan. Pelatihan bertujuan untuk memberikan keterampilan kerja berbasis kompetensi bagi para pencari kerja.

"Sehingga mereka bisa menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dan mampu bersaing dalam dunia kerja," katanya. 

Ada empat paket pelatihan yang digelar. Pembuatan roti dan kue, pengolahan ikan, fillet welder SMAW 3F PF serta plate welder 3G-UP PF.

“Pelatihan dilaksanakan di BLK, selama kurang lebih satu hingga dua bulan. Metodenya, 25 persen teori dan 75 persen praktik di workshop kejuruan masing-masing,” jelas Hamdan.

Biar tahu saja. Selama mengikuti pelatihan, seluruh peserta dilindungi dengan BPJS Ketenagakerjaan. Bentuk perlindungannya mencakup Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Hal itu ditandai dengan penyerahan Kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis oleh Avian kepada perwakilan peserta yang disaksikan perwakilan BPJS Ketenagakerjaan. (Shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar