Zairullah Serius Tingkatkan SDM Warga

Bupati Zairullah Azhar
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Derap langkah pembangunan Tanah Bumbu di bawah kepemimpinan Bupati Zairullah Azhar terus melaju.

Salah satu yang dia genjot adalah peningkatan sumber daya manusia.

Dari kunjungan ke desa-desa, sebut Zairullah, ada banyak persoalan mendasar dimasyarakat. Salah satunya adalah SDM.

Adapun upaya yang dilakukan untuk meningkatkan SDM yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Maka dia kemudian melakukan pemerataan layanan kesehatan masyarakat. Mulai dari menyediakan pelayanan kesehatan dan penyediaan sarana dan prasarana lainnya serta SDM bidang kesehatan.

Dari data Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, hingga tahun 2022 jumlah fasilitas kesehatan meliputi 2 Rumah Sakit Umum, 5 Puskesmas Rawat Inap, 9 Puskesmas Non Rawat Inap, 14 Puskesmas Keliling, 250 posyandu, 1 Bank Darah Rumah Sakit, 1 Unit Transfusi Darah, dan 1 Laboratorium Kesehatan.

SDM juga berkaitan dengan pendidikan. Sektor pendidikan menjadi fokus utama pembangunan Abah Bupati HM. Zairullah Azhar.

Langkah pertama yang dilakukan yaitu merenovasi dan menambah ruang kelas baru (RKB) dari sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama yang menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten Tanah Bumbu.

Sepanjang tahun 2021, ada penambahan 28 Ruang Kelas Baru. Kemudian Rehab Ruang Kelas sebanyak 91 dengan rincian, 2 PAUD , 45 SD, dan 44 SMP.

Pada tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pendidikan memberikan bantuan operasional pendidikan (BOP) atau BOSDA (Bantuan Operasional Sekolah Daerah) yang bersumber dari dana APBD Tanah Bumbu.

Sementara itu hingga tahun 2022 ini, dari data Dinas Pendidikan Tanah Bumbu jumlah PAUD sebanyak 304 PAUD, terdiri dari 3 Tempat Penitipan Anak (TPA), 90 Kelompok Bermain, 196 TK Swasta, dan 15 TK Negeri. Sekolah Dasar di Tanah Bumbu berjumlah 194 SD. Dengan rincian 175 Sekolah Negeri, dan 19 Sekolah Swasta. Sedangkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) total 61 sekolah. 52 Sekolah Negeri, dan 9 Sekolah Swasta.

Ditambah pula, Raudhatul Anfal (RA) sebanyak 6. Kemudian Madrasyah Ibtidaiyah sebanyak 16, terdiri dari 1 negeri, 15 swasta. Sedangkan MTs total 25, rinciannya 3 negeri dan 22 swasta. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar