Dekranasda Tanbu Minta Pusat Lahirkan Program Pro Produk Lokal

Suasana rapat koordinasi Dekranasda se Kalsel di Banjarmasin, Senin (27/6)
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Wakil Ketua Dekranasda Tanah Bumbu, Suci Anisa, menyarankan semua daerah mengusung potensi terbaik lokalitasnya. Saat menghadiri Rakernas di Jakarta, September nanti.

Dia juga mendorong semua Dekranasda di Kalsel untuk meminta pemerintah pusat mengeluarkan pelbagai kebijakan yang pro kepada produk lokal.

Hal itu dia sampaikan saat menghadiri rapat koordinasi dalam persiapan Rakernas dan Pameran Kriya Nusa, Senin (27/6/2022) di Gedung Dekranasda Banjarmasin.

Semetara itu Ketua Harian I Dekranasda Kalsel, Mahyuni mengungkapkan, Rakernas dan Pameran Kriya Nusa Tahun 2022 yang akan berlangsung September nanti, merupakan satu kegiatan yang bergengsi.

“Sebab yang akan menjadi peserta dalam kegiatan itu, seluruh Dekranasda baik provinsi dan kabupaten kota yang ada di Indonesia,” ujar Mahyuni.

Keikutsertaan setiap daerah tentunya akan menjadi sangat penting, sebagai ajang promosi dalam memperkenalkan produk kerajinan masing-masing.

“Karena itu, kita akan berupaya untuk memfasilitasi seluruh Dekranasda ditingkat daerah ini. Agar dapat ikut serta dan memperkenalkan produk dan kerajinan yang dimiliki,” ungkapnya.

Disamping itu pula, bagi para perajin daerah dan binaan Dekranasda di tiap daerah dan Provinsi Kalsel, diharapkan dapat ikut dan membawa produk terbaik yang menjadi karya yang bisa membawa harum nama daerah dan perajin itu sendiri.

Sementara, Sekretaris Dekranasda Kalsel, Hasan Talaho menambahkan, kegiatan Rakernas dan Pameran Kriya Nusa Tahun 2022, biasanya akan menjadi satu kegiatan rangkaian yang dilangsungkan secara beriringan.

“Karena itu, kita harus benar-benar mempersiapkan dan menggunakan kesempatan ini agar seluruh karya dan produk terbaik daerah bisa diikutsertakan dalam kegiatan itu,” inginnya.

Keikutsertaan daerah dalam kegiatan itu, tentu memberikan dampak positif bagi kemajuan produk dan kerajinan lokal dan bagi daerah ini sendiri.

“Bagi pengurus Dekranasda baik di tingkat provinsi dan kabupaten kota, dapat berkoordinasi dari sekarang agar pada saat pelaksanaan Rakernas dan Pameran di JCC nanti, bisa diikuti dan Kalsel menjadi bagian dalam kegiatan itu,” tutupnya. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar