Konsep Serambi Madinah di RPJMD

Sekda Ambo Sakka membacakan jawaban Bupati Zairullah Azhar atas pandangan fraksi DPRD terkait Raperda RPJMD Tanah Bumbu
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Bupati Zairullah Azhar menegaskan Raperda RPJMD 2021 - 2026 yang disusun pada prinsipnya sudah mengakomidir semua visi dan misi yang ia sampaikan saat kampanye di Pilkada tadi.

Hal itu dia gariabawahi saat menjawab pandangan fraksi DPRD, dalam rapat paripurna di parlemen, Selasa (13/7) tadi.

Menanggapi pandangan fraksi terkait sektor pertanian, pemerintah akan membangun dan mengembangkan industri hilir, seperti pabrik pengolahan Ikan, pabrik biodesel, dan lain-lain.

Selanjutnya terkait dengan akses permodalan dan peningkatan skil pelaku pada sektor pertanian hal tersebut sudah diakomodir pada strategi dan arah kebijakan RPJMD.

Untuk kesehatan, pemerintah menjamin pelayanan gratis akan tetap tersedia bagi masyarakat yang berhak menerimanya. Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Terkait dengan penyediaan lapangan kerja bagi putra-putri daerah, pemerintah akan melakukan peningkatan kompetensi serta peningkatan jejaring ketenagakerjaan.

Kemudian untuk perbaikan kualitas internet guna mendukung pembelajaran pendidikan jarak jauh ditunjang dengan adanya internet desa yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika.

Untuk pengembangan infrastruktur dasar, pemerinah telah merencanakan dan melanjutkan pembangunan jalan serta infrastruktur lainnya sesuai dengan target yang tertuang dalam arah kebijakan pembangunan.

Untuk visi Serambi Madinah merupakan sebuah inovasi dalam pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu. Berbasis pada transformasi tatanan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

“Serambi Madinah merupakan jawaban dan pengembangan gagasan dari pencanangan Presiden Republik Indonesia tentang revolusi mental,” ucapnya.

Revolusi mental yang diterapkan pada Serambi Madinah berorientasi pada kehidupan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

Pengukuran yang terintegrasi dengan indeks lainnya. "Oleh karena itu indikator dalam mengukur Serambi Madinah menggunakan indeks kesalehan sosial dan indeks kebahagiaan," beber Zairullah yang dibacakan Sekda.

“Kesalehan sosial merupakan peningkatan ibadah sosial masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu untuk hidup rukun, damai, saling tolong menolong dan bertamadun (beradab). Sehingga meningkatkan efektivitas dan efesiensi roda penyelenggaraan pemerintah kabupaten dalam pembangunan daerah,” tambahnya.

Untuk pengembangan Infrastruktur terkait dengan Serambi Madinah, pemerintah membangun sarana prasana rumah tahfidz di setiap desa. Serta penguatan karakter lingkungan yang mencerminkan Serambi Madinah dengan menggunakan ornamentasi religi.

Menanggapi pandangan fraksi terkait penyediaan lapangan kerja bagi putra-putri daerah, pemerintah daerah akan melakukan peningkatan kompetensi melalui sarana prasarana formal dan non formal. Sesuai dengan kebutuhan pasar serta peningkatan jejaring ketenagakerjaan dengan merangkul berbagai perusahaan yang berkembang di Kabupaten Tanah Bumbu.

Selanjutnya untuk peningkatan Kontribusi PAD setiap tahunnya, Pemerintah Daerah akan mengembangkan kebijakan intensifikasi dan ekstensifikasi baik objek maupun subjek penerimaan Pajak Dan Retribusi Daerah. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar