Bijaklah Bersosial Media

Ketua DWP Tanah Bumbu Hasnah Mashude mengikuti pertemuan rutin DWP se Kalsel secara virtual
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Bijak bermedia sosial menjadi tema pertemuan rutin DWP se Kalsel.

Ketua DWP Tanah Bumbu Hasnah Mashudi Ambo Sakka mengikuti pertemuan itu. Secara virtual di ruang digital, Senin (19/7).

Dalam pertemuan yang digagas DWP Dispora Kalsel tersebut, ditekankan pentingnya mendampingi anak-anak saat bersosial media.

Hasnah mengatakan, materi yang disampaikan amat bermutu. "Kami jadi tahu, bagaimana caranya agar sosial media tidak memberikan dampak negatif kepada anak-anak," ujarnya.

Narasumber Budi Priyono dari Telkom Indonesia mengajak semua pihak agar menggunakan internet secara bijak, sehat, dan aman.

Sebagai orang tua dari anak-anak, yaitu membimbing dan berada dekat dengan anak-anak saat mereka menggunakan internet.

Sedangkan untuk lingkungan sekolah, guru berperan dalam membantu dan mengarahkan murid-muridnya untuk menggunakan internet seperlunya, bermanfaat, dan aman.

Kemudian, untuk memproteksi anak agar tidak bisa mengakses situs-situs merusak, baik yang liberal maupun pornografi, orang tua bisa menginstal software khusus di komputer atau laptop agar bisa memblokir situs-situs tersebut.

"Sebagai orang tua, jadilah friendlist mereka, bila mereka membuka akun di media sosial. Tujuannya adalah agar kita bisa memantau siapa saja teman-teman mereka, situs-situs, forum atau tokoh maupun institusi yang mereka ikuti," ujarnya.

Selain itu, komunikasi yang intens dengan anak adalah sebuah keharusan agar mereka lebih mempercayai kedua orang tuanya dari pada orang-orang luar di sana. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar