Patuhi Ptotokol Kesehatan, Ibnu Sina Ajak Warga Pertahankan Zona Hijau - Jurnal Banua -->

Patuhi Ptotokol Kesehatan, Ibnu Sina Ajak Warga Pertahankan Zona Hijau

Ibnu Sina bagikan masker kepada warga warga di Jl. Veteran Kelurahan Sungai Bilu.
JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Meski Pemkot Banjarmasin sudah memberi kelonggaran dalam melaksanakan kegiatan keagamaan, masyarakat tetap diminta untuk mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) seperti memakai masker dan menjaga jarak. 

Hal ini disampaikan Calon Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina saat melakukan silaturahmi kepada warga di Jl. Veteran Kelurahan Sungai Bilu.

"Melihat warga di sini rajin menggelar pengajian rutin, ulun (saya) mengajak warga tetap pakai maskernya dan jaga jarak," ujar Ibnu Sina kepada jurnalbanua.com, Kamis (8/10/2020).

Lebih lanjut, mantan Walikota Banjarmasin Periode 2016-2021 ini berharap Banjarmasin bisa berada dalam zona hijau secara keseluruhan. Tentunya hal ini dapat tercipta melalui kesadaran masyarakat untuk menerapkan Prokes terutama di tempat umum.

"Kita berharap zona hijau di Banjarmasin dapat dipertahankan termasuk daerah ini melalui disiplin warga," ucapnya.

Ia mengungkapkan kedisiplinan menjadi kunci penting memutus penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebab zona hijau yang ditetapkan bisa saja kembali berubah menjadi merah dalam sekejap jika tanpa disiplin warga. 

"Mari sama-sama kita pertahankan dan semoga Banjarmasin bisa kembali menjadi Zona hijau semua. Intinya jangan sampai kita terlena. Jangan mentang-mentang sudah zona hijau, lalu kita lalai dan tidak menyepelekan protokol kesehatan," jelas Ibnu.

Untuk diketahui, dari 52 kelurahan yang ada di kota Banjarmasin dalam penanganan Covid-19, kini tersisa 1 Kelurahan yakni Seberang Mesjid yang masih berstatus zona merah. Hal ini menunjukkan progres positif upaya pemerintah menekan angka penyebaran virus Corona.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarmasin,  Machli Riyadi menyampaikan, mereka sudah melakukan evaluasi terhadap sistem zonasi yang ada di Banjarmasin yang merujuk kepada keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 830 tahun 2020.

“Ini sudah dievaluasi oleh tim. Dari data Dinas Kesehatan dan teman yang ada di Puskesmas, ada 1 Kelurahan yang masih zona merah yaitu Kelurahan Seberang Mesjid,” ujarnya. (saa/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar