Syairi Mukhlis: DPRD Siap Dukung Program Lanal untuk Peningkatan Ekonomi Kepulauan - Jurnal Banua

Syairi Mukhlis: DPRD Siap Dukung Program Lanal untuk Peningkatan Ekonomi Kepulauan

Ketua DPRD Syairi Mukhlis (tengah) bersama Danlanal Kotabaru Letkol Laut Guruh Dwi Yudhanto (kiri) dalam ekspose program Lana Kotabaru | Foto: istimewa

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - DPRD Kotabaru mendukung kegiatan atau program Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kotabaru dalam menjaga keamanan di sektor kelautan dan kepulauan. Berikut kelestarian alama wilayah Bumi Saijaan.

Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis mengatakan, legislatif mengapresiasi giat Lanal Kotabaru dalam menjaga keamanan wilayah Kotabaru.

"Giat Lanal Kotabaru merupakan sinergitas bersama pemerintah daerah dalam menjaga keamanan dan kelestarian alam dan pulau-pulau di wilayah Kotabaru," kata Syairi usai ekspos Lanal di ruang sidang gabungan DPRD Kotabaru, Jumat (15/5) kemarin.

Menurut Syairi, kegiatan yang dilakukan Lanal Kotabaru patut diapresiasi. Sperti menjaga kelestarian terumbu karang, penanaman kembali hutan mangrove, patroli laut dalam usaha membarantas illegal fishing di wilayah Kotabaru.

"Kegiatan seperti ini patut kita dukung. DPRD sesuai tupoksi yakni legislasi, penganggaran dan pengawasan akan selalu siap mendukung," ujarnya.

Selain itu, legislatif juga akan mendorong eksekutif untuk bersinergi searah dengan tugas dan fungsi SKPD terkait. Seperti Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup agar selalu berkoordinasi.

Sementara itu, Komandan Lanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto dalam ekspose tersebut memaparkan, ia bersama jajarannya melaksanakan tugas utama dalam menjaga keamanan perairan di Kotabaru.

"Ketersediaan pangan yang cukup bagi rakyat adalah sektor perikanan, jadi kita jaga dan lindungi agar para nelayan kita dapat berkegiatan secara aman. Kita patroli rutin di wilayah perairan Kotabaru khususnya di pulau-pulau yang tak berpenghuni," kata Danlanal.

Dari hasil pengamatan jajarannya, laut dan pulau-pulau di Kotabaru masih lestari dan tidak ada kegiatan ilegal seperti penambagan pasir. Maupun pencurian ikan dari nelayan luar Kotabaru.

"Termasuk menjadi program Lanal Kotabaru adalah, penanaman dan pemeliharaan terumbu karang, reboisasi dan penanaman mangrove," kata Danlanal. (shd/jb)


Dapatkan berita terbaru dari kami, dengan cara klik like atau suka Fanspage FB ini


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar