62 ODP Selesai Pemantauan, Hari ini Ada Tambahan 7 ODP Baru - Jurnal Banua

62 ODP Selesai Pemantauan, Hari ini Ada Tambahan 7 ODP Baru

Pesan Nabi ketika ada wabah

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Jumat (3/4/2020) pukul 15.00, dari laporan Gugus Covid-19 Kotabaru, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang selesai masa karantina mandiri, sebanyak 62 orang. Masih ada 123 orang lagi yang masih proses pemantauan.

Hari ini tadi, terdapat tambahan ODP untuk Kecamatan Pulau Laut Sigam sebanyak dua orang. Pulau Laut Tengah sebanyak dua orang. Pulau Laut Kepulauan sebanyak dua orag. Dan Kecamatan Sampanahan ada satu orang.



Total tambahan ODP sebanyak tujuh orang itu, akan dipantau kesehatannya sekurang-kurangnya selama 14 hari ke depan. 

Sumber data: Gugus Covid-19 Kotabaru

Bagaimana menentukan status ODP itu? Dari Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 yang dikeluarkan pemerintah, status ODP diberikan kepada orang yang:

1. Orang yang mengalami demam (≥38 derajat celcius) atau riwayat demam; atau gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk, DAN
tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan, DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi 
lokal.



2. Orang yang mengalami gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk, DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi COVID-19.

Sederhananya, mereka yang status ODP adalah orang-orang yang baru datang dari daerah yang terjangkit corona. Misalnya dari Banjarmasin, Jawa, Sulawesi dan lainnya.

Ketika tiba di Kotabaru mereka mengalami suhu badan 38 derajat celcius atau lebih. Atau mengalami keluhan pada saluran pernapasan atau tenggorokannya.



Apa yang harus dilakukan ODP? Di Kabupaten Kotabaru, para ODP itu diminta karantina mandiri di rumah. Artinya tidak boleh keluyuran, harus menjaga jarak dengan orang lain, juga terhadap keluarganya di rumah.

Petugas kesehatan kemudian terus memantau perkembangan kesehatan para ODP.

Orang yang dalam pemantauan tersebut diminta berdoa, banyak istirahat, tenang dan gembira. Perbanyak asupan vitamin. Olahraga, dan hal lainnya yang mampu meningatkan kesehatan rohani dan jasmani.



Plt Kadinkes Kotabaru Ernawati, belum lama tadi, meminta para ODP mematuhi semua instruksi yang diberikan petugas kesehatan di lapangan. "Kami juga bekerja sama dengan kepolisian setempat untuk penanganan di lapangan," ujarnya. (shd/jb)


Dapatkan berita terbaru dari kami, dengan cara klik like atau suka Fanspage FB ini


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar