Nasib Kuliner Banjarmasin, Minta Tiru Yogya - Jurnal Banua

Nasib Kuliner Banjarmasin, Minta Tiru Yogya

Salah satu sudut kuliner di Banjarmasin

JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Melakoni bisnis kuliner memang tak bisa secara instan langsung sukses. Semua memerlukan proses. Bahkan ada yang mengeluarkan modal besar untuk berharap mendapatkan hasil yang maksimal.

Lantas, bagaimana dengan pedagang kuliner yang menggunakan modal kecil?

Anggota DPRD Banjarmasin Achmad Rudiani mengatakan, jika dikelola dengan baik dan didukung pemerintah setempat, itu bisa saja berkembang dan dapat menjadi destinasi wisata kuliner yang patut diperhitungkan.

"Kalau pemerintah menyediakan tempat yang layak dan pedagang juga menyuguhkan kuliner yang enak, pasti perkembangannya akan pesat," kata Rudiani kepada wartawan, Senin (25/11) tadi.

Memang diakui Rudiani, saat ini banyak wisata kuliner di Banjarmasin belum tertata rapi. Perlu inovasi. Apalagi para pedagang kecil, harus disentuh dengan pendekatan dan pelatihan serta ditopang dengan pemberian modal skala kecil untuk mengembangkan usaha mereka.

Achmad Rudiani



Politikus Golkar ini mencontohkan, pemerintah di daerah lain, di luar pulau Kalimantan, mereka telah menyediakan tempat khusus bagi pedagang kuliner kecil. Mulai dari penataan tempat hingga pemeliharaan kebersihan patut ditiru Banjarmasin.

"Di Yogya dan Ancol Jakarta. Pemerintah mereka benar-benar memperhatikan dan memelihar para pedagang kecil, termasuk pedagang kuliner. Tempat mereka tersusun rapi. Jadi enak dipandang," ungkapnya.

Sesuai dengan slogan Baiman, menurutnya Banjarmasin juga layak menjadi kota yang memiliki destinasi wisata kuliner barasih wan nyaman.

"Kenapa tidak. Kita memiliki kuliner khas. Tapi kalau itu tidak didukung oleh sarana dan prasarana yang baik. Tidak akan berkembang, akan begitu gitu saja," tutupnya. (JB)



Dapatkan berita terbaru dari kami, dengan cara klik like atau suka Fanspage FB ini


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar