Mengharukan, di Tengah Pelantikan Dewan, Roby Tunjukan Arti Setia Kawan

Roby bersama rekan-rekannya di Gedung DPRD Kotabaru

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Di tengah keriuhan pelantikan 35 anggota DPRD Kotabaru, Senin (26/8/19) tadi. Terlihat pemandangan mengharukan dari Roby dan beberapa orang buruh perkebunan kelapa sawit.

Pagi itu, Roby memakai jas bersama istrinya naik becak ke Gedung DPRD Kotabaru. Becak-becak lain menyusul membawa beberapa pria berseragam Serikat Pekerja Minamas Sungai Durian.

Itulah Rabbiansyah, populer disapa Roby. Buruh perkebunan kelapa sawit yang terpilih menjadi anggota DPRD Kotabaru.

Rekan-rekannya mengantar sampai ke dalam gedung dewan. Dengan baju seragam serikat buruh. Seolah ingin mengatakan kepada parade tamu undangan berbusana pesta: inilah wakil kami sang pejuang buruh.

Roby dan rekan-rekannya naik becak ke Gedung DPRD Kotabaru


Siapa tak kenal Roby? Namanya populer di Kotabaru. Momentumnya terjadi di kisaran tahun 2014 silam.

Saat itu Roby dan rekan-rekannya acap menggelar unjuk rasa di pusat kota. Menuntut kenaikan upah melalui sistem Upah Minimum Kabupaten (UMK).

Sebelumnya, tiap kabupaten upah buruh mengacu pada Upah Minimum Provinsi. Menurut Roby saat itu, UMP masih di bawah kebutuhan hidup layak di Kotabaru.

"Kotabaru, apalagi daerah kami di pelosok, biaya hidup mahal. Bensin mahal di eceran," ujar Roby kepada Jurnal Banua.

Setelah berkali-kali aksi turun ke jalan, UMK akhirnya disahkan pemerintah.

Sejak itu Roby terus memperkuat peran Serikat Pekerja dalam hampir semua lini kehidupan buruh. Membantu masalah uang pesangon, pemecatan semena-mena. Dan lainnya.

Buruh dari perusahaan lain kerap meminta bantuan kepadanya. Roby membuka semua jalur komunikasi melalui sosial media.

Kepada Jurnal Banua, Roby meminta masyarakat mendoakannya agar terus setia kepada rakyat. "Mohon dukungan. Dan jangan pernah sungkan kritik saya kalau salah jalan," ujarnya.

Kesetiaan Roby kepada rekan-rekannya beberapa kali terlihat di Gedung DPRD. Seperti ketika akan difoto Jurnal Banua, Roby menyadari jika ada satu orang rekannya tidak ada di situ.

"Kurang ini, mana satu lagi," ujarnya celingak-celinguk. "Ke kamar kecil kayaknya," jawab seorang rekannya. (JB)

Baca juga: Belum Dilantik, Roby Sudah Layangkan Kritikan Kepada DPRD Kotabaru


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

1 komentar: