Demi Anak Jalanan, Ketua DPRD Berparas Ayu Ini Rela Bawa Sampah ke Bank

Ketua DPRD Banjarmasin Ananda menimbang sampahnya di Bank Sampah Sekretariat DPRD Banjarmasin, Rabu (24/7/19)

JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Ketua DPRD Banjarmasin, Ananda, meminta anak-anaknya di rumah mengumpulkan sampah-sampah bernilai ekonomis.

Setelah terkumpul, sampah itu ia sumbangkan ke Bank Sampah yang ada di sekretariat DPRD, Rabu (24/7/19) pagi kemarin.

Dua puluh kilogram lebih total sampah Ananda. "Ini anak-anak di rumah yang kumpulkan," ujarnya.

Sampah-sampah itu nanti akan disumbangkan kepada komunitas anak-anak jalanan (Anjal) di kota seribu sungai.

Ananda mengatakan, sedekah sampah bagi Anjal ini sesuai dengan surat edaran walikota Banjarmasin. Setiap bulan, instansi di kota ini wajib melakukan sedekah sampah. Baik itu pemerintah maupun pihak swasta.

"Yang masih bisa berguna. Contohnya sampah plastik, kertas dan kardus yang masih mempunyai nilai ekonomis," katanya.

Politikus Golkar ini mengimbau kepada seluruh anggota dewan, termasuk ASN yang berada dilingkup Sekertariat DPRD Banjarmasin, agar menyumbangkan sampah rumah tangganya. Apalagi saat ini, tekannya, mekanisme bank sampah di DPRD telah berjalan.

"Jadi mari kita sumbangkan sampah agar dapat bernilai ekonomis dan hasilnya menjadi berkah bagi yang membutuhkan," harapnya.

Ketua DPRD Banjarmasin Ananda mengimbau semua pihak menyukseskan program Sedekah Sampah

Wakil Ketua Forum Kota Sehat, Fatmawati mengatakan, kegiatan ini merupakan tahap ke dua. Hasil dari penjualan sampah yang telah dikumpukan akan diberikan ke komunitas Anjal yang tersebar di Banjarmasin.

"Tahap ke dua ini, khusus untuk Anjal. Berapapun hasilnya akan dimanfaatkan untuk kesejahteraan mereka. Tapi untuk komunitas Anjal yang sudah terkoordinir," jelasnya.

Untuk bantuan itu sendiri, pihak Forum Kota Sehat tidak memberikan bantuan berupa uang. Tapi berupa bantuan keperluan yang dibutuhkan Anjal tersebut.

"Bisa berupa perbaikan tempat tinggal, ruang belajar, atau bahkan perlengkapan elektronik. Ya apa kebutuhan mereka, itu yang diutamakan," terangnya. (JB)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar