Bangun Masjid dan Sekolah, Habib Hasan: Uang Tak Dibawa Mati - Jurnal Banua
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bangun Masjid dan Sekolah, Habib Hasan: Uang Tak Dibawa Mati

Bangun Masjid dan Sekolah, Habib Hasan: Uang Tak Dibawa Mati

Habib Hasan bermain bersama anak-anak di kompleks masjid yang dia bangun di Desa Sungup, Kotabaru Kalsel

Jika Anda malam hari melalui Desa Sungup di Ramadan ini, maka Anda akan lihat sebuah masjid dan taman bermain anak. Lampunya semarak, hasil tangan dingin Habib Hasan.

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Siapa tidak kenal Habib Hasan? Warga di Kecamatan Pulau Laut Tengah biasa memanggil mereka dengan sebutan Abah Habib.

Habib Hasan juga dikenal sebagai pengusaha sukses. Memiliki tambang pasir dan kebun kelapa sawit yang luas.

Namun Habib Hasan lebih dikenal lagi karena sikap kedermawanannya. Bukan rahasia, kerap warga mengadu masalah dapur kepada Habib Hasan.

Habib Hasan sendiri mudah dijumpai di lapangan. Seperti belum lama tadi. Jurnal Banua secara tidak sengaja bertemu di Sungup.

Saat itu Habib memantau pekerjaan taman kanak-kanak dan siring di sekitar kompleks masjid. Di sana ada juga taman bermain buat anak-anak.

Bangunan itu belum lama tadi berdiri. Dibangun dari kocek pribadi Habib Hasan. "Uang tidak dibawa mati. Kalau berpikir uang, maka tidak pernah saya akan bisa bangun ini semua," ujarnya.

Masjid itu semarak malam hari. Habib menghiasinya dengan banyak lampu. Orang tarawih dan anak-anak bermain dapat dilihat dari bukit di sana. Posisi masjid berada di lembah.

Mengapa Habib Hasan membangun masjid, taman kanak-kanak (masih dikerjakan)? Kata dia, ada kepuasan ketika bisa bermanfaat untuk orang banyak.

"Senang rasanya di dalam dada. Ketenangan dan bahagia itu lah yang kita cari," ujarnya.

Habib Hasan memang dikenal suka bergaul. Berpakaian seperti orang kebanyakan. "Semua orang itu sama. Akhlak saja yang membedakan," paparnya.

Banyak warga memuji kompleks ibadah yang dibangun Habib persis di pinggir jalan raya itu. "Bagus dilihat soalnya ada tamannya," ujar Syafri warga Kotabaru.

Warga lainnya, Zainal mengatakan. Jika di tiap kecamatan di Kotabaru ada satu orang saja yang peduli seperti Habib Hasan, maka Kotabaru akan maju. "Apa yang dikerjakan Habib itu luar biasa. Membangun masjid dan sekolah, amal yang tidak pernah putus," paparnya.

Habib sendiri meminta masyarakat berdoa. Dia diberi rezeki cukup dan kesehatan. Rencananya, jika mampu dia ingin membangun pesantren juga di sana. (JB)
Space Iklan

Tags

Posting Komentar