Jelang Nataru Polres Kotabaru Gelar Operasi Pasar, Begini Hasilnya

Kanit Krimsus Ipda Surya Bakti Siregar saat memantau harga sembako di pasar harian Kotabaru | Foto: Heriansyah/Jurnal Banua
JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Meyambut natal dan tahun baru, Satres Polres Kotabaru bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan dinas Koperindag Kotabaru, menggelar operasi pasar di Kotabaru, Jumat (18/11/2022).

Hal itu untuk mengantisipasi kenaikan harga pasar dan kesiapan bahan pokok menyambut even besar seperti tahun baru dan Natal.

Ditemukan di lapangan, beberapa jenis barang bahan pokok mengalami kenaikan harga, seperti beras, cabai, dan gula pasir.

Naiknya harga diakibatkan karena bahan pokok berasal dari luar daerah, dan ada beberapa jenis barang yg mengalami gagal panen akibat cuaca, seperti beras.

Sementara itu, selain faktor gagal panen, naiknya harga bahan pokok lainnya diakibatkan faktor akses jalan rusak untuk jalur masuk ke kotabaru, karena kebanyakan jenis bahan pokok dari daerah Banjarmasin.

Sementara, untuk daging sapi dan ayam masih diharga normal, karena itu semua masih produksi lokal dan ternak sendiri.

Kasat Reskrim Polres Kotabaru AKP Abdul Jalil, melalui Kanit Krimsus Ipda Surya Bakti Siregar, membenarkan kenaikan beberapa harga di pasar saat ini.

"Hasil pendataan kita dalam kegiatan sidak pasar, memang ada beberapa jenis bahan pokok mengalami kenaikan harga," ungkap Surya.

Naiknya harga bahan pokok di Kotabaru, dikarenakan kebanyakan barang dari luar kabupaten Kotabaru, dan terkendala dari biaya transportasi.

"Selain faktor jalan, beberapa jenis bahan pokok mengalami gagal panen, ini lah salah satu penyebab utama adanya perbedaan harga dari bulan sebelumnya," pungkas Surya. (her/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar