Warga Tangkal Kencing Kucing Pakai Botol Merah, ini Tanggapan Dokter Hewan

Penampakan botol kemasan berisi air berwarna merah di kawasan Kampung Biru, Melayu, Kota Banjarmasin
JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Akhir-akhir ini, beberapa wilayah di Kota Banjarmasin marak dengan fenomena botol minuman kemasan berisikan air berwarna merah yang diletakkan di depan rumah.

Kawasan Kampung Biru, Kecamatan Melayu, Kota Banjarmasin misalnya. Warga ramai letakkan botol air yang diisi kesumba merah. Hal ini dipercaya menangkal kucing untuk tidak kencing dan buang kotoran di area tersebut.

"Sering sekali kucing kencing di sini. Katanya, botol ini bikin mereka gak berani lagi kencing di sini," ujar Linda warga di Kampung Biru.

Dokter hewan di Banjarmasin angkat bicara. Menurutnya warna air yang digunakan tak berpengaruh terhadap kucing untuk buang kotoran.

"Kucing tidak bisa membedakan antara warna, hanya hitam sama putih dalam penglihatannya," jelas Dokter Hewan, Annang Dwijatmiko kepada Jurnal Banua.

Tambah Annang, penyebab kucing tak buang kotoran dimungkinkan bunyi botol yang jatuh saat disenggol atau bunyi dari gemercik air.

Meski demikian, Dokter Hewan ini memberitahukan kondisi itu hanya bersifat sementara, sebab sifat alami kucing yang teritori. Hingga jika ada sedikit hal baru yang dianggap membuat kucing terganggu, si kucing akan pindah tempat buang kotoran. (mar/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar