Tanbu Siap Kurangi Konsumsi Beras

Suasana sosialisasi rencana pengurangan konsumsi beras di Tanah Bumbu
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Kalsel rupanya berupaya menurunkan konsumsi beras. Tujuannya adalah mengurangi ketergantungan rakyat dengan karbohidrat yang beras.

Hal itu dijelaskan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, Fathurrahman di Tanah Bumbu, Rabu (22/6/2022).

Adapun beberapa upaya yang dilakukan diantaranya dengan meningkatkan produksi atau ketersediaan komoditas pengganti beras. Melalui pemanfaatan teknologi tinggi, penggunaan bibit unggul serta peningkatan skala usaha tani.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanah Bumbu, Lamijan melaporkan, konsumsi beras di Bumi Bersujud berkaitan erat dengan konsumsi komoditas pengganti.

“Apabila konsumsi beras turun, maka konsumsi komoditas pengganti, terutama umbi-umbian akan cenderung naik,” ungkapnya.

Adapun usaha yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam melakukan diversifikasi konsumsi pangan antara lain dengan pengembangan pangan lokal beragam, bergizi, sehat dan aman. Serta menggalakkan gerakan satu hari tanpa nasi di kalangan masyarakat.

Sosialisasi itu sendiri dihadiri oleh Kepala Balai Penyuluh Pertanian dan para mantri tani dari 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar