Tanbu Genjot Ketahanan Pangan

Suasana bimtek di Tanah Bumbu untuk meningkatkan ketahanan pangan, salah satunya dengan memanfaatkan lahan pekarangan
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Pemerintah daerah terus mendorong ketahanan pangan di daerah ini.

Terbaru, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian memfasilitasi penyelenggaraan bimbingan teknis (bimtek) kader pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) se kabupaten, Rabu (22/6/2022) di Kecamatan Kusan Hilir.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanbu, diwakili Sekretaris Dinas, Lamijan mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan Dinas Ketahanan Pangan Kalsel untuk pelaksanaan bimtek di Bumi Bersujud.

Lamijan melaporkan, setelah penyesuaian nomenklatur maka saat ini dinasnya memiliki berbagai subsektor dari hulu hingga ke hilir.

Dengan bergabungnya berbagai bidang itu, maka urusan pangan akan semakin solid. Sehingga memudahkan dalam membangun ketahanan pangan dan pertanian secara umum.

Berkaitan dengan bimtek itu, ia menyampaikan apresiasi khusus terhadap para ibu kader pangan B2SA yang telah menyempatkan diri untuk hadir mengikuti kegiatan.

Selain itu, guna mendukung ketahanan pangan, ia berpesan kepada para kader untuk meningkatkan pemanfaatan pekarangan guna membantu perekonomian keluarga.

Kemudian Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, Fathurrahman saat membuka bimtek mengatakan kebutuhan pangan merupakan hak asasi dari setiap manusia.

Selama ini ketersediaan pangan di Kalsel dipenuhi baik secara mandiri ataupun mendatangkan produk pangan dari luar daerah.

Namun untuk komoditas tertentu masih sangat bergantung dari luar, seperti bawang dan cabe rawit. Maka, pemanfaatan pekarangan menjadi salah satu solusi di tingkat keluarga untuk mengatasi keterbatasan itu. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar