Pasar Wadai Pagatan Dibuka, Ada Bingka Teme'

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Dahliansyah saat membuka pasar wadai di Pagatan

JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Demi melestarikan kekayaan kuliner, pemerintah daerah membuka Ramadan Cake Fair atau biasa disebut pasar wadai, di Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Minggu (3/4/2022).

Pasar wadai itu dibuka langsung Bupati Zairullah Azhar diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Dahliansyah.

Staf Ahli menjelaskan, pasar wadai adalah tradisi puluhan tahun. Yang digelar tiap Ramadan.

Dia berharap, pasar wadai itu dapat membantu perekonomian warga selama Ramadan.

Untuk itu dia meminta para pedagang benar-benar memperhatikan kualitas makanan yang mereka jual. Sehingga pengunjung dapat bertambah dari hari ke hari.

"Selain untuk menyediakan pangan  berbuka puasa, pasar wadai ini juga menjadi objek wisata tahunan. Para penikmat kuliner bisa menemukan jajanan yang sulit ditemukan di hari-hari biasa," jelasnya.

Dari pantauan wartawan, terlihat beberapa kue memang tidak dijual di hari-hari biasa. Salah satunya adalah bingka teme'. Kue bingka khas Bugis, yang dilumuri air sirup.

Juga ada sari muka. Kue berbahan singkong dan gandum, campur gula marah. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar