Dinas KUMP2 Minta Pedagang Tidak Mainkan Harga di Ramadan

Satgas Pangan Tanah Bumbu memantau harga di pasar harian
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Tidak ingin warga mengalami kendala dalam memenuhi kebutuhan pokok selama Ramadan, Satgas Pangan Tanah Bumbu melakukan monitoring ke pasar-pasar harian, Jumat (1/4/2022).

Satgas Pangan sendiri beranggotakan Dinas KUMP2, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Bagian PSDA2P Setda, Gabungan Sat Reskrim dan Sat Intelkam Polres, Wakapolsek Kusan Hilir, dan Sekcam Kusan Hilir.

Kepala Dinas KUMP2 Tanbu Deny Harianto mengatakan kegiatan peninjauan pada pasar ini untuk memastikan ketersedian bahan pokok.

Hasil monitoring, rata rata stok cukup tersedia dan harga juga masih relatif stabil walaupun ada kenaikan yang bervariatif.

Dalam rangka membantu menstabilkan harga pangan, pemerintah akan menggelar pasar murah di 12 Kecamatan se Tanah Bumbu yang akan dimulai pada tanggal 6 April - 26 April 2022 dengan harga sedikit rendah dari harga yang beredar di pasar-pasar.

Sementara itu, usai melakukan monitoring di Pasar Bumi Pangeran, rencananya Satgas Pangan pada Senin 4 April 2022 mendatang juga akan meninjau stok ketersediaan bahan pokok di Gudang Para Distributor.

Selasa 5 April 2022 akan ke pasar harian Simpang Empat yang merupakan salah satu barometer harga sembako untuk Tanah Bumbu.

Saat monitoring, Deny Harianto juga memberikan edukasi kepada para pedagang dan masyarakat.

Para pedagang diimbau agar tidak menaikan harga di luar kewajaran dan juga kepada para pengunjung pasar agar tidak melakukan aksi borong supaya tidak terjadi “panic buying” yang menimbulkan gejolak harga yang tidak stabil. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar