Sarankan SKPD Pakai Tenun Pagatan

Bupati Zairullah Azhar didampingi Ketua Dekranasda meresmikan rumah kemasan di Simpang Empat
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Masyarakat pengrajin Tanah Bumbu kini dapat memasarkan produk mereka. Pasalnya, pemerintah daerah telah memiliki rumah kemasan dan show room Dekranasda.

Bupati Abah Zairullah Azhar, meresmikan Rumah Kemasan IKM Center Hasanah, Kamis (31/3) di Kecamatan Simpang Empat.

Dia berharap, rumah kemasan itu bisa menjadi awal berkembangnya industri kerajinan di Tanah Bumbu. "Jika di Jawa ada batik. Maka di sini nanti akan kita terkenal kain tenun Pagatan dan sasirangan," ujarnya.

Dia pun mengimbau para pengrajin untuk terus semangat meningkatkan kualitas produk mereka. Dan kemudian, pemerintah akan membantu pengemasan agar dapat bersaing di pasar.

Bupati menekankan, kemajuan Tanah Bumbu bisa dicapai salah satunya melalui penguatan UMKM. Dan salah satu kekuatan UMKM adalah di industri kreatif.

"Saya percaya para pengrajin dan seniman di Tanah Bumbu punya potensi yang besar," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Dekranasda Tanbu Wahyu Windarti menyampaikan, melalui hadirnya rumah kemasan ini pihaknya siap memasarkan produknya serta UMKM lainnya.

Kemudian, guna mendorong eksistensi Tenun Pagatan yang menjadi salah satu ikon daerah, ketua Dekranasda meminta kepada Bupati agar mengintruksikan kepada SKPD agar mengenakan pakaian dari tenun Pagatan termasuk sekolah-sekolah.

“Kemudian saran kepada pengrajin, agar memberdayakan kepada anak putus sekolah di pelosok desa dan Alhamdulillah banyak yang mau dan dibantu oleh pihak Arutmin,” paparnya. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar