Infografis Banjir Akan Disajikan

Suasana rapat lintas SKPD membahas pentingnya penyajian data banjir secara cepat dan akurat
JURNALBANUA.COM, BATULICIN –  Berkaca dari pengalaman pasca banjir, data akurat dan cepat menjadi faktor penting keberhasilan penanggulangan korban bencana.

Dari itu, penyusunan infografis kawasan Banjir di Kabupaten Tanah Bumbu akan dilakukan, yang bersumber dari 5 kecamatan terdampak banjir.

Kecamatan Kusan Tengah, Teluk Kepayang, Mantewe, Satui, dan Kusan Hulu.

Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Kominfo) Tanbu melalui Kabid Statistik dan Persandian, Akhmad Sobari mengatakan, infografis data yang disusun itu akan memudahkan informasi data yang diperoleh menjadi satu kesatuan wadah, dalam rangka menuju satu data.

“Kominfo merupakan corong informasi. Sementara di BPBD bertugas pada teknis penanganan banjir, dan data sektoral ada pada Kominfo yang merupakan satu informasi kabupaten,” jelasnya usai melakukan rapat koordinasi antar SKPD terkait Penyusunan Infografis Kawasan Banjir, Senin (31/5/2021) di ruang rapat Kominfo.

Untuk itu, selanjutnya nanti Kadis Kominfo yang akan menyampaikan tentang berapa luasan banjir yang ada di Tanah Bumbu. Dan semua data penting lainnya.

“Di samping itu, kita juga harus menghitung berapa kerugian yang terdampak secara keseluruhan dari masing masing sektor akibat dari banjir. Contoh sektor Pertanian, misalnya berapa luasan sawah yang terendam dalam hal ini sawah yang produktif, perikanan, IKM dan UMKM,” jelasnya.

Dia menambahkan, data sektoral itu merupakan tanggung jawab di masing masing SKPD.

“Misalnya kependudukan itu menjadi tanggung jawab pihak Disdukcapil dan luasan sawah terendam itu adalah Dinas pertanian,” terangnya.

Dia berharap, dengan adanya rencana ini, SKPD harus lebih perduli terhadap data sebagai sumber informasi.

“Jadi data informasi itu tersimpan dalam sebuah sistem supaya tidak hilang. Sebab kita harus punya penyanding, bahwa data tahun sebelumnya bisa menjadi tolak ukur tingkat dampak banjir pertahun," pungkasnya. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar