Tanbu Pastikan Harga Bapok Aman

Pemerintah daerah memantau harga bahan makanan di pasar harian jelang Ramadan. Memastikan harga stabil dan ketersediannya cukup
JURNALBANUA.COM, BATULICIN –  Jelang Ramadan, Pemkab Tanah Bumbu melakukan beberapa kegiatan. Yang tujuannya untuk memberikan rasa aman kepada warga saat menjalani ibadah di bulan suci nanti.

Salah satu upayanya adalah, menjaga ketersediaan bahan kebutuhan pokok jelang bulan suci ramadhan.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) kabupaten Tanah Bumbu bersama Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, melaksanakan pengawasan bahan kebutuhan pokok (bapok) di pasar harian Simpang Empat, Rabu (7/4/).

Kepala Disdagri Tanbu, Deni Hariyanto, didampingi Kabid Perdagangan Ahmad Heriansyah mengatakan, untuk kebutuhan bapok kondisi terkendali.

“Indikator itu terlihat pada pengawasan bapo sembako yang dilakukan Disdagri Tanah Bumbu bersama Dinas Perdagangan Kalsel di pasar harian Simpang Empat,” kata Deni Hariyanto.

Secara umum, ujarnya, harga juga tidak mengalami kenaikan yang signifikan seperti gula pasir, minyak goreng, tepung, beras, daging sapi, dan bahan kebutuhan vital lainnya.

Komponen bapok yang mengalami kenaikan harga hanya kedelai dan ikan haruan dengan harga per hari ini yakni Kedelai dari Rp15.000 menjadi Rp25.500.

“Sedangkan ikan haruan naik dari Rp50.000 menjadi Rp60.000,” ucapnya.

Menurutnya, kenaikan harga tersebut dipicu karena siklus tahunan. Dimana apabila musim penghujan maka daerah-daerah penghasil ikan yang memasok kebutuhan Tanah Bumbu mengalami penurunan produksi. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar