Semangat Tumbuhkan UMKM di Desa

Wabup Muh Rusli saat mengunjungi mini market milik Desa Mekar Jaya. Dia meminta desa lain juga melakukan terobosan serupa untuk mendongkrak nilai UMKM di desa
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Wabup Muh Rusli meminta desa aktif mengembangkan UMKM. Seperti yang telah dilakukan Desa Mekar Jaya, melalui Bumdes Tirta Jaya.

"Mini market yang dibangun Mekar Jaya merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan ekonomi UMKM di desa. Ini harus dicontoh desa lainnya," ujarnya belu lama tadi.

Menurut Muh Rusli, UMKM dapat menjadi salah satu momentum kebangkitan ekonomi di daerah. "Kuncinya di kreativitas. Melakukan terobosan dan inovasi untuk mengembangkan daerah," pesannya.

Terpisah, Kades Meker Jaya Wiyono Setiawan mengatakan, pembangunan mini market di desanya berhasil karena bantuan dari pemerintah daerah. "Semua ini merupakan kerja bersama," akunya.

Menurut Wiyono, mini market yang ada tersebut akan diisi dengan segala macam produk UMKM warga. Sehingga sektor ekonomi kreatif mendapat wadah pemasarannya.

"Banyak produk kita yang tidak bisa ditampung oleh mini market swasta. Entah apa alasannya. Makanya saat ini kami membangun mini market sendiri, dan akan kita isi dengan maksimal," bebernya.

Jaka warga di sana mengatakan, mini market di desa mereka membawa angin segar. "Kita sudah ketinggalan. Mini market yang ada hampir semua milik orang," bebernya.

Dia optimis, ke depan mini market desa bisa memberikan kontribusi maksimal untuk perputaran ekonomi desa. "Jamu dan segala macam produk ibu-ibu di desa sekarang sudah ada tempat memasarkannya," tambahnya. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar