Catat: Pemkab Tanbu Akan Beri Sanksi Tegas Pelanggar Prokes

Pemerintah daerah terus berupaya menekan laju penyebaran kasus corona. Salah satunya adalah dengan cara memberikan sanksi tegas bagi warga bandel protokol kesehatan (prokes).
Warga yang melanggar prokes mendapat sanksi membersihkan halaman | Foto: Diskominfo Tanah Bumbu - Jurnal Banua
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Pemerintah daerah terus berupaya menekan laju penyebaran kasus corona. Salah satunya adalah dengan cara memberikan sanksi tegas bagi warga bandel protokol kesehatan (prokes).

Sanksi tegas mulai diberlakukan, Rabu (6/1/21) hari ini. Bagi warga yang kedapatan melanggar prokes, siap-siap saja mendapatkan sanksi. Mulai dari yang ringan sampai sanksi berat.

Hal itu disampaikan Kasatpol PP Tanah Bumbu Riduan usai gelar apel gabungan persiapan operasi yustisi, di Taman Education Park.

Beberapa warga yang kedapatan melanggar prokes di sana pun langsung diberikan sanksi. Membersihkan taman.

"Sanksi yang kami berikan bersifat edukatif. Dengan harapan, warga dapat patuh. Khususnya 3M. Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," bebernya.

Dia pun menyarankan kepada tim untuk mengedepankan proses penindakan yang humanis. Dialogis dan edukatif.

"Kita bisa maklumi disiplin itu susah bagi sebagian orang. Sehingga perlu pendekatan yang ilmiah. Agar mereka menerapkan prokes itu sesuai kesadaran," tekannya.

Di lain pihak, Bupati Sudian Noor meminta, warga terus berupaya membiasakan diri melaksanakan prokes. Harapannya, jika semua sudah patuh, maka ekonomi akan kembali seperti sediakala.

"Beberapa negara sudah kembali pulih secara perlahan. Itu karena mereka disiplin," tekannya.

Sudian menekankan, jika tiap hari membiasakan diri 3M, maka lama-lama akan jadi kebiasaan. "Kuncinya itu. Pertama mungkin berat. Tapi cobalah, lama-lama akan terbiasa. Tidak pakai masker, rasanya ada yang kurang," sarannya. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar