Warga Tanbu Dambakan Pemimpin yang Punya Terobosan Atasi Banjir

Banjir di Tanbu belum lama tadi
JURNALBANUA.COM, TANAH BUMBU - Kabupaten Tanah Bumbu merupakan salah satu daerah di Provinsi Kalimantan Selatan yang menjadi langganan banjir di musim hujan seperti sekarang.

Bahkan beberapa bulan lalu, sejumlah kecamatan di kabupaten ini terendam 
Air dengan ketinggian hingga 2 meter

Tidak sedikit rumah warga terkena imbasnya seperti di  Kecamatan Karang Bintang yang meliputi tiga desa yakni Karang Bintang,  Selaselilau, dan Sumber Wangi.

Para korban pun sempat dievakuasi ke tiga titik yaitu rumah kantor bhabinkamtibmas dan kantor desa Karang Bintang.

Warga pun menaruh harapan, daerah ini dipimpin orang yang memiliki visi misi mengatasi banjir yang sekian lama mereka rasakan.

Suriansyah, salah satu warga Desa Karang Bintang menyebut, genangan banjir sudah menjadi langganan tiap tahun dan biasanya berawal di bulan Juli hingga Desember.
  
Sampai sekarang ujarnya, upaya pengendalian banjir dari pemerintah hanya mengandalkan tanggul. Namun air terkadang masih lebih tinggi. Sementara, bila tanggul dibangun lebih tinggi banyak rumah warga juga yang terdampak bila air naik.

Warga lain, Madam mengatakan, memang tidak bisa menghindar dari banjir kiriman yang datang dari kawasan di atasnya.

"Biasa banjir bertahan hingga tiga hari," terangnya.

Calon Bupati Zairullah Azhar di banyak kesempatan menyebutkan, ia punya dua program besar yakni pembangunan waduk Riam Kiwa, dan pengembangan Pariwisata di pesisir pantai.

Dua program itu ia janjikan bakal dijalankan jika ia terpilih sebaga Bupati Tanbu pada Pilkada serentak nanti.

Zairullah menyampaikan, pada pembangunan waduk, ia berencana menghidupkan saluran air untuk pertanian, persawahan, hingga perkebunan.

Akademisi yang juga politikus itu mengatakan, bendungan atau waduk itu akan mencegah banjir.

Selain itu, dikatakannya, bendungan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

“Program besar ini adalah hasil sebuah harapan dan doa masyarakat serta para orang tua. Sudah saatnya kemiskinan harus kita rubah menjadi kekayaan,” katanya di hadapan warga.

Disebutkan juga  jika bendungan Kusan Hulu berhasil diwujudkan, maka sektor pertanian dan persawahan bisa berkembang lebih subur. “Tidak kalah pentingnya, air ini akan menjadi sumber tenaga listrik yang besarnya itu tidak kalah seperti di Riam Kanan,” ujarnya. (man/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar