Ramai Warga Tanbu Pilih dari Hati, Juga si Cantik Yanti

 

Wanita di Mentewe, Yanti memilih atas pilihan hatinya | Foto: Jurnal Banua
JURNALBANUA.COM, TANAH BUMBU - Banyak orang, alasan memilih calon kepala daerah dengan melihat partai pengusung dan ketertarikan pada visi misi yang ditawarkan. Namun tidak sedikit juga bersandarkan pada nurani dan pilihan hatinya.

Salah satunya Hasnawiyah, warga Desa Mentewe Kecamatan Mentewe Kabupaten Tanah Bumbu yang terang-terangan mengaku bakal mencoblos pasangan nomor 3  dr HM Zairullah Azhar dan HM Rusli pada tanggal 9 Desember nanti.

Wanita ini mengaku tidak mengetahui apa-apa yang ditawarkan ke tiga paslon karena tidak pernah ikut kampanye dialogis yang dilaksanakan di desanya. Yang ia tahu hanya sosok Zairullah yang menjadi salah satu pelopor berdirinya Kabupaten Tanah Bumbu.

"Sering dengar namanya. Hati juga pilih itu," ujarnya lugu, Jumat (4/12) sore tadi.

Hatnawiyah pada pemilu legislatif lalu justeru memilih partai yang bukan pengusung paslon ZR saat ini. Menurutnya, itu sah-sah saja karena tiap orang berhak mengambil keputusan sesuai hati nurani, bukan paksaan atau iming-iming.

"Sidin kan yang termasuk tokoh menjadikan Tanah Bumbu ini," tuturnya lagi.

Satu hal yang masih diingatkan, selama kepempinan Zairullah di Tanah Bumbu dulu, marak pengajian yang dihadiri masyarakat dalam dan luar daerah.

"Dari hulu sungai banyak datang," ujarnya sembari mengaku belum pernah mengikutinya.

Hal serupa dilakukan Yanti. Ibu satu anak ini mengaku tidak banyak tahu tentang visi misi paslon yang bertarung di Pilkada Tanah Bumbu tahun ini. Namun ia memiliki keyakinan, calon yang dipilihnya merupakan orang yang tepat untuk membawa daerah ini lebih baik lagi.

Lain lagi Muksin, warga desa Karang Intan ini mengaku pilih paslon 3 karena ia tahu sosok Zairullah selama menjabat bupati. Pengalaman   itu menurutnya  memudahkan  yang bersangkutan untuk menjadikan daerah lebih baik.

“Beliau itu sudah pengalaman dan banyak bukti pembangunan yang dilakukan untuk warga,” ujarnya.

Terpisah, salah satu warga Desa Sidomulyo, Hapsin mengaku belum memastikan paslon  pilihan untuk dicoblos gambarnya di bilik suara nanti.

Ia juga  belum tahu program semua paslon akibat  terlalu sibuk dengan pekerjaan sebagai penyadap  karet. Namun ia memastikan memilih sesuai hati nurani dan keyakinan yang bersangkutan merupakan calon pemimpin terbaik

"Yang  peduli dengan kesejahteraan petani lah," jawabnya saat ditanya kriteria pemimpin yang diinginkan.

Diketahui, salah satu paslon yang memiliki perhatian terhadap sektor pertanian di Tanah Bumbu adalah Zairullah. Di beberapa kesempatan, menyampaikan visi misi mereka yakni pemerataan pembangunan ekonomi, pendidikan dan kesehatan. 

Di sektor pertanian, calon nomor tiga itu akan terus melakukan cetak sawah dengan memanfaatkan lahan tidur. Selain itu, pembenahan irigasi dengan pengairan modern.

Selain Zairullah dari PKN, juga ada calon bupati lainnya. Syafruddin H Maming yang merupakan kader PDI Perjuangan. Kemudian ada Mila Karmila dari jalur independen. (sal/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar