RAPBD 2021 Meningkat, Syairi Apresiasi Pemerintah Daerah

Suasana paripurna di DPRD Kotabaru terkait anggaran daerah
JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Ketua DPRD Syairi Mukhlis mengapresiasi kinerja Pemkab Kotabaru. Walau di masa pandemi, namun pendapatan cenderung naik di RAPBD 2021.

Kalangan legislatif Kabupaten Kotabaru siap memparipurnakan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) anggaran 2021 pada 30 Nopember 2020 menyusul tuntasnya pembahasan bersama eksekutif.

Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis mengatakan, sejak disampaikannya RAPBD 2021 oleh Penjabat sementara Pjs) Bupati Kotabaru, M Syarifuddin pada awal Nopember 2020, pihaknya melalui badan anggaran (Banggar) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) setempat membahas.

"Meski dalam kondisi pandemi COVID-19, namun terkait keuangan daerah, Kabupaten Kotabaru terjadi peningkatan RAPBD 2021 sebesar Rp1,683 triliun dari APBD Perubahan 2020 sekitar Rp1,4 triliun lebih," kata Syairi, Selasa.

Atas kondisi tersebut, ia mengaku bersyukur sekaligus mengapresiasi kinerja eksekutif bersama- sama legislatif dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan berjalan harmonis.

Politisi PDIP ini berharap, dengan akan disahkannya RAPBD menjadi Perda tentang APBD tahun anggaran 2021, nantinya dapat terealisasi maksimal dengan serapan yang optimal, sehingga jalannya pemerintahan dan roda perekonomian masyarakat dapat meningkat.

"Perekonomian daerah akan terwujud, salah satunya jika serapan anggaran bisa maksimal, untuk itu diharapkan semua pihak dan para pemangku kepentingan (stakeholder) terus bersinergis dalam menjalankan tugas dan fungsi sesuai tupoksi masing-masing," harap Syairi.

Diketahui, Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru mematok RAPBD anggaran 2021 sebesar Rp1,683 triliun lebih, atau terjadi peningkatan dari APBD Perubahan 2020 sebesar Rp1,480 triliun.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Kotabaru, M Syarifuddin pada forum sidang Paripurna DPRD Kotabaru menjelaskan, total anggaran dalam RAPBD 2021 itu terdiri dari Pendapatan daerah sebesar  Rp1,633 triliun atau 97,06 persen.

"Sesuai kebijakan umum yang telah disepakati bersama dalam KUA-PPAS Kabupaten Kotabaru untuk tahun anggaran 2021, total belanja dalam RAPBD dianggarkan sebesar Rp1,683 trilun," kata Syarifuddin. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar