Syairi Teken Deklarasi Pilkada Damai di Polres Kotabaru - Jurnal Banua -->

Syairi Teken Deklarasi Pilkada Damai di Polres Kotabaru

Syairi Mukhlis
JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Ketua DPRD Syairi Mukhlis bersama unsur pimpinan daerah meneneken deklarasi damai Pilkada 2020, di aula Polres Kotabaru, Selasa (22/9) tadi.

Dalam deklarasi damai itu juga hadir pasangan calon Sayed Jafar - Andi Rudi Latif dan Burhanudin - Bahrudin.

Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis S.Sos, mengatakan, pelaksanaan Pilkada tahun ini dalam situasi pandemi Covid-19.

Karena itu diharapan kepada seluruh pihak terutama penyelenggara dan paslon, untuk sama-sama memberikan pemahaman agar penyebaran Covid-19 tidak menimbulkan klaster baru, yaitu klaster pilkada. 

"Apalagi kondisi Kotabaru saat ini, Covid-19 masih belum menurun," kata Syairi.

Menyinggung deklarasi damai dilaksanakan, sudah memperlihatkan bahwa demokrasi di Kotabaru akan berjalan aman, damai, dan kondusif.

"Melihat hari ini kebersamaan pada saat deklarasi. Selain kami di lembaga DPRD bersama forkopimda tetap akan mengawal demokrasi di Kotabaru berjalan sesuai aturan sudah ditetapkan KPU," harap Syairi.

Tidak kecuali seluruh lapisan masyarakat, Syairi juga mengimbau dalam situasi pandemi tetap disiplin protokol kesehatan perlu ditingkatkan lagi.


"Pun pada saat pemilihan diharapkan hindari kerumunan-kerumunan," pungkas Syairi.

Sementara itu Pjs Bupati Syarifuddin mengimbau kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Kotabaru, rekan-rekan Forkopimda, Pimpinan Parpol, Ormas, tokoh agama dan masyarakat, LSM serta tokoh pemuda dan seluruh masyarakat Kotabaru untuk mendukung terciptanya pesta demokrasi (Pilkada) nanti dengan damai, aman, sejuk dan sehat.

"Kami berharap kepada pihak penyelenggara, peserta serta masyarakat agar terus mematuhi dan melaksanakan protokol Kksehatan. Dan semoga kita selalu diberikan kesehatan dan terhindar dari virus corona ini," ungkapnya. 

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan pemaparan dari Ketua KPU Kotabaru Zainal Abidin, tentang aturan penyelenggaran Pemilu. Salah satunya cara berkampanye di masa pandemi.

"Jangan berkerumun. Semua alat pelindung diri harus dipakai," tekannya.

Selanjutnya dari Ketua Bawaslu Moch Erfan, menekankan kepada semua masyarakat agar turut aktif mengawasi proses jalannya Pemilukada. Semua potensi konflik harus segera dilaporkan. Sehingga Bawaslu dan penyelenggara lainnya bisa segera menanggulangi.

Kemudian, Kapolres Kotabaru memaparkan secara terperinci tentang pemetaan potensi kerawanan penyelenggaran Pilkada di Kabupaten Kotabaru.

"Kami bersama TNI dan semua elemen masyarakat bekerja penuh waktu. Menjamin pelaksanaan Pilkada berjalan dengan sejuk," tekannya.

Di akhir acara dilaksanakannya pembacaan serta penandatangan bersama Deklarasi Damai, Aman, Sejuk dan Sehat Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kotabaru Tahun 2020. Acara ini juga dihadiri oleh Forkopimda, dan semua elemen masyarakat. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar