Bakar Lahan Untuk Jagung, Puluhan Ha Hutan Hangus Terbakar - Jurnal Banua -->

Bakar Lahan Untuk Jagung, Puluhan Ha Hutan Hangus Terbakar

Petugas mencoba memadamkan api di Desa Batuah Kecamatan Pamukan Barat

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Dua orang remaja terpaksa diamankan polisi. Karena ulah mereka, sekitar 20 hektare lahan hutan terbakar di Desa Batuah Kecamatan Pamukan Barat.

Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto melalui Kasat Reskrim Iptu Imam Wahyu Pramono kepada Jurnal Banua, Sabtu (21/9) siang tadi menjelaskan. Dua remaja berinisial H dan A membakar lahan sekitar lima hari lalu.

Dua remaja itu niatnya mau membuka lahan untuk bertanam jagung. Luas lahan yang mereka bakar satu hektare.

Namun malang, api membesar dan tidak dapat mereka tanggulangi. Api kemudian melahap hutan di sana. Hingga kini tercatat ada 20 hektare lahan terbakar.



Polisi dibantu TNI dan warga mencoba membendung api dengan membuat kanal. Agar api tidak melebar lebih jauh. "Untuk sampai ke lokasi titik api terparah, akses jalan tidak memungkinkan lewat darat, risikonya besar dengan peralatan seadanya," kata Imam.

Imam mengatakan, dua remaja tersebut sudah mereka amankan di Polsek Pamukan Barat. Untuk penyelidikan selanjutnya.

"Kami minta warga tidak membuka lahan dengan cara membakar. Ini kemarau, sangat berisiko membuat kebakaran lahan yang lebih luas," kata Imam. (JB)



Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar