Kebersihan Bisa Tingkatkan Ekonomi - Jurnal Banua
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kebersihan Bisa Tingkatkan Ekonomi

Kebersihan Bisa Tingkatkan Ekonomi

Petugas BLH Kotabaru membersihkan sampah di sekitar sekolahan, Jumat (16/8) pagi kemarin

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kotabaru bersama dengan beberapa pekerja honorer membersihkan sampah di sekitar sekolah SDN Dirgahayu 1 Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan, Jumat (16/8/19) pagi kemarin. Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3), BLH Kabupaten Kotabaru, Emi Siswati mengatakan, pembersihan sampah dilakukan dalam rangka peduli anak sekolah dalam menertibkan.

"Kebersihan lingkungan sangat bergantung dengan mental warganya. Jika anak muda kita ajari budaya kebersihan maka nanti kita akan memiliki generasi yang peduli kebersihan lingkungan," ujarnya.

Lanjut Emi, aksi pembersihan sampah di sekitar SDN Dirgahayu 1 Kabupaten Kotabaru dimotori oleh pemerintah daerah dalam hal ini BLH Kotabaru. "Program ini sesuai arahan Bupati. Dia meminta kita semua tidak hanya bisa mengimbau atau sosialisasi. Tapi juga harus mampu memberikan contoh nyata di lapangan," akunya.

Menurut Emi, Bupati Sayed Jafar termasuk pemimpin yang visioner. "Dia sering ke lapangan. Membersihkan lingkungan warga. Kita bawahannya, harus begitu juga. Di bawah kepemimpinan Sayed Jafar, Kotabaru semakin tertata."

Saat membersihkan sampah di sekolahan tersebut, BLH juga memindahkan beberapa Tempat Pembuangan Sampah. "Pemindahan TPS supaya warga semakin rajin membuang sampah ke TPS. Kalau posisinya kurang pas warga biasanya malas ke TPS," tekannya.

Sementara dalam beberapa kesempatan Bupati Sayed Jafar mengatakan, kebersihan kota dapat meningkatkan perekonomian warga. Pasalnya, wisatawan yang datang akan betah berlama-lama.

"Kotabaru potensi terbesarnya adalah wisata. Jika wisata kita bersih, maka wisatawan bertambah. Artinya perekonomian warga semakin membaik. Maka dari itu saya selalu minta, pihak terkait dalam hal ini harus serius. ASN harus memberikan contoh yang baik," tekannya. (Diskominfo/JB)
Space Iklan

Tags

Posting Komentar