Ketahanan Keluarga Emil Baru Dinilai

Tim dari Pemprov Kalsel didampingi DP3AP2KB Tanah Bumbu mengunjungi Desa Emil Baru
JURNALBANUA.COM, BATULICIN -  Tim Penilai Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D) Kalsel mengunjungi Desa Emil Baru, Rabu (9/11/2022). Dalam rangka penilaian peningkatan kualitas keluarga di Desa Lokus binaan TPK2D.

Evaluasi ini bertujuan untuk melihat kondisi kualitas keluarga dan indeks ketahanan keluarga di desa, juga untuk mengetahui seberapa jauh permasalahan ditindaklanjuti oleh TPK2D Kab. Tanbu, setelah diadakan rapat pertemuan koordinasi di tingkat provinsi.

Kepala DP3AP2KB Kab Tanbu, Narni menjelaskan, Dasar Hukum Pembangunan Ketahanan Keluarga, adalah Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak RI Nomor 6 Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Pembangunan Keluarga, sedangkan tentang Tata Cara Peningkatan Kualitas Keluarga diatur dalam Dimensi dan Peraturan Gubernur Kalsel Nomor 100 Tahun 2019.

“Variabel pengukuran tingkat ketahanan keluarga yang dinilai ada 5 dimensi yaitu Landasan legalitas keutuhan keluarga dan kemitraan, ketahanan fisik, ketahanan ekonomi, ketahanan sosial psikologi dan ketahanan sosial budaya. Ke 5 dimensi ini diukur melalui 24 indikator,” paparnya.

“Ada 20 SKPD dan organisasi yang terlibat di dalam pembinaan di Desa Emil Baru, untuk mencapai ketahanan keluarga di masing-masing dimensi,” terang Narni.



Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov Kalsel, Adi Santoso memberikan edukasi kepada warga di Desa Email Baru terkait isi ke-5 dimensi, salah satunya dari program keluarga adalah kelengkapan surat-surat nikah dan kelengkapan data anak.

“Ini adalah program dari beberapa hal yang diterangkan, semoga kemanfaatannya bisa dirasakan masyarakat,” katanya.

Desa Emil Baru Kec Mentewe, merupakan salah satu desa tertua dan terpencil di kawasan Kab. Tanbu yang diharapkan kemajuannya.

Bupati Kab. Tanbu, HM Zairullah Azhar diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Andi Aminuddin menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah telah menyambut baik kedatangan Tim TPK2D Prov Kalsel di Bumi Bersujud.

Sebagaimana diketahui bersama, dalam rangka tindaklanjut dan perkembangan hasil pelaksanaan Peningkatan Kualitas Keluarga di Desa, Pemerintah Provinsi melaksanakan kegiatan penilaian kualitas keluarga di 13 Kabupaten/Kota, termasuk salah satunya Desa Emil Baru Kec Mantewe di Kab Tanbu.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat menjadi terobosan yang bisa didukung bersama-sama, dalam upaya meningkatkan kualitas serta kesejahteraan keluarga di desa,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan, Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov Kalsel, Kepala DP3AP2KB Kab. Tanbu, Kepala Dinas Sosial Kab. Tanbu, Ketua GOW, Tim Evalusi Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah Prov Kalsel, Camat dan Kepala Desa Emil Baru Kec Mantewe beserta tamu undangan. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar