Rapid Test Massal Kotabaru, Sedikitnya 15 Orang Reaktif - Jurnal Banua

Rapid Test Massal Kotabaru, Sedikitnya 15 Orang Reaktif

Suasana rapid test di pasar harian Kotabaru, Rabu (20/5) siang tadi |Foto: Jurnal Banua

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Ratusan alat rapid test didatangkan Pemprov Kalsel ke Kotabaru. Tes massal pun dilakukan di pusat keramaian (pasar) dan pelabuhan-pelabuhan.

Seorang perempuan muda. Menyodorkan ujung jarinya ke petugas. Jarum dicucuk. Darah menetes. Sampel itu dimasukkan ke dalam alat rapid.

Hasilnya ke luar sekitar 15 sampai 20 menit kemudian. Hasil diberitahukan ke hape warga masing-masing.

Walau tes itu gratis, banyak pedagang dan pengunjung pasar enggan memeriksa dirinya. Beragam alasan, dari takut sampai bingung.

"Kita tidak punya wewenang memaksa. Jadi yang mau saja yang kami periksa," kata Kadinkes Kotabaru, Ernawati, Rabu (20/5) siang tadi di sela kegiatan tes di Pasar Limbur Raya.

Kegiatan itu dikawal ketat personil Polri dan TNI. Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan valid dari Kadinkes berapa total yang reaktif.

"Hasilnya belum selesai didata," kata Erna.

Namun dari informasi sementara, sedikitnya ada 15 warga yang reaktif. "Info dari Dinkes ada 15," kata Kapolsek Pulau Laut Utara, Iptu Yacob Sihasale yang saat itu seharian di lapangan mengawal kegiatan. (shd/jb)


Dapatkan berita terbaru dari kami, dengan cara klik like atau suka Fanspage FB ini


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar