Tambah Pasokan Darah, PMI Banjarmasin Buka Cabang Baru di Sini - Jurnal Banua

Tambah Pasokan Darah, PMI Banjarmasin Buka Cabang Baru di Sini

Ketua PMI Banjarmasin H Rusdiansyah (kiri) didampingi Kepala UTD PMI Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit berpose bersama jurnalis yang mendonorkan darahnya, Rabu (8/4/20) 

JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Dalam rangka meningkatkan dan memperluas jangkauan kegiatan donor darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin membuka cabang baru di Jalan Niaga Utara, Kertak Baru Ilir Banjarmasin Tengah.

Ketua PMI Banjarmasin H Rusdiansyah mengatakan, pembukaan cabang atau gerai donor darah ini memang untuk memperluas kegiatan donor darah di Kota Seribu Sungai.



Namun sasarannya kali ini, yaitu masyarakat di sekitar pasar di Jalan Niaga Utara.

"Karena tempat ini dekat dengan area Pasar Baru dan Sudimampir, kami berharap ini dapat memancing minat warga pasar, agar mau melakukan donor darah," ucapnya kepada wartawan, Rabu (8/4/2020).

Dikatakannya, dengan adanya gerai donor darah baru, pihaknya berharap ini dapat menjadi wadah bagi seluruh lapisan masyarakat untuk mengubah citra donor darah menjadi tren gaya hidup sehat.

"Kami berharap dengan unit baru ini, PMI Banjarmasin bisa memperoleh lebih banyak lagi darah. Ya semoga bermanfaat dan bisa membantu warga yang membutuhkan, khususnya di RS," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Unit Transfusi Darah PMI Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit menjelaskan, gerai ini merupakan tempat ke tiga, setelah Pusat PMI di Jalan S Parman dan di Halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Untuk waktunya sendiri kata Aulia, PMI di Niga Utara akan buka mulai pukul 09.00 - 15.00 Wita. Begitu pun di halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, buka mulai pukul 09.00 - 15.00 Wita dan di Jalan S Parman Buka 24 jam.

"Kalau di Sabilal itu menggunakan mobil unit," jelasnya.

Dalam situasi wabah Virus Corona (Covid-19), kegiatan donor darah ujarnya, dilakukan dengan menerapkan pembatasan sosial (social distancing) dan sesuai dengan standar donor darah.

"Sebelum melakukan donor darah semua pasien diperiksa dulu. Suhu tubuh, tensi darah dan Hb. Pemeriksaan standar seperti ini pun dilakukan sebelum adanya wabah. Insya Allah Covid-19 tidak menular melalui darah," bebernya.

Dia menambahkan, untuk saat ini, berkat adanya sosialisasi, PMI Banjarmasin sudah dapat menyumbangkan 80 hingga100 kantong darah ke RSUD Ulin Banjarmasin.

 "Alhamdulillah berkat sosialisasi dan adanya dukungan masyarakat, ketersediaan darah di kota ini dapat terpenuhi," terangnya. (saa/shd/jb)



Dapatkan berita terbaru dari kami, dengan cara klik like atau suka Fanspage FB ini


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar