PKK Kotabaru Gelar Lomba Cipta Menu - Jurnal Banua
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PKK Kotabaru Gelar Lomba Cipta Menu

PKK Kotabaru Gelar Lomba Cipta Menu

Ketua PKK Kotabaru Fatma Idiana Sayed Jafar (kanan) mencicipi makanan di lomba cipta menu

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kotabaru bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kotabaru melaksanakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman Berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Kabupaten Kotabaru tahun 2019, Senin (22/4/19) kemarin. Ketua PKK Fatma Idiana Sayed Jafar mengatakan, tujuan diselenggarakan kegiatan lomba cipta menu yang berbasis pangan lokal, untuk menggali sumber pangan alternatif non beras dengan berbasis budaya lokal.

"Sehingga diharapkan kabupaten Kotabaru memiliki makanan khas daerah sendiri, meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsusmsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman. Untuk meningkatkan kualitas hidupnya dan mengangkat citra makanan khas daerah agar dapat digemari dan mampu bersaing dengan makanan modren," papar Fatma.

Dalam penetetapan pemenang lomba dinilai langsung oleh tim TP PKK Kotabaru, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Chef Hotel Grand Surya Kotabaru.

Fatma berharap, lomba itu dapat menjadi forum dan wahana untuk lebih memahami apa itu pangan dan apa itu gizi. "Sehingga kita sebagai wanita yang dikodratkan sebagai ibu rumah tangga, mempunyai keahlian dalam menyusun menu makanan keluarga. Dan sebagai seorang istri PNS serta Pejabat Negara semakin diperlukan kemampuan untuk memahami dan menyadari pentingnya pengetahuan dan keterampilan memasak," ujarnya.

Tambahnya lagi, dalam membangun kecerdasan dan kualitas sumber daya manusia sangat perlu pola makan sehari hari dengan asupan gizi, bukan ukuran mahal atau murahnya makanan. "Makanan itu yang terpenting adalah gizinya. Bukan mahal atau murahnya."

Ia pun mengimbau, kepada semua pihak, instansi pemerintah terkait dan khususnya ibu-ibu, dapat lebih memperhatikan masalah pangan ini agar generasi muda di daerah ke depan lebih berkualitas. "Dalam tubuh yang sehat terpadat jiwa yang sehat," tegasnya. (Diskominfo/JB)
Space Iklan

Tags

Posting Komentar