Lancang Kuning di Balangan, Siap Hadapi Karhutla - Jurnal Banua

Lancang Kuning di Balangan, Siap Hadapi Karhutla

Tim Karhutla di Balangan mempersiapkan Lancang Kuning untuk menanggulangi Karhutla | Foto: IST

JURNALBANUA.COM, BALANGAN - Personel gabungan dari tiga Polres yaitu Polres Balangan, Hulu Sungai Utara dan Tabalong berkumpul di Aula Pesat Gatra Polres Balangan. Menerima asistensi transformasi aplikasi Dashboard Lancang Kuning, Selasa (7/7) siang tadi.

Dalam sambutannya, Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid menekankan kepada seluruh personel yang hadir tentang keseriusan dalam penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Upaya pencegahan harus dilakukan dengan melakukan koordinasi dengan instansi terkait, penyiapan perlengkapan penanganan dan terpenting adalah imbauan yang masif kepada masyarakat.

"Penanganan Karhutla merupakan perintah Presiden, Kapolri dan Kapolda yang harus disikapi dengan serius. Terpenting adalah upaya pencegahan melalui imbauan yang masif kepada masyarakat, penyiapan perlengkapan dan koordinasi dengan instansi terkait," pungkasnya.

Tim Asistensi yang diketuai oleh AKBP Rahmat Budi Handoko beserta 3 personelnya memberikan pengetahuan lebih lanjut tentang penggunaan aplikasi Lancang Kuning, untuk diteruskan kepada seluruh personel di tiga Polres yang mengikuti asistensi.

Aplikasi Lancang Kuning berbasis Android ini diperuntukan sebagai aplikasi deteksi adanya titik hot spot atau kebakaran di setiap wilayah dengan cepat sehingga informasi bisa didapatkan secara real-time.

Aplikasi Lancang Kuning ini tak hanya bisa memberikan informasi hot spot di daerah, dashboard Lancang Kuning memberikan informasi hot spot secara nasional, arah angin, perkiraan cuaca, data perusahaan, siapa pemilik lahan.

Lalu, lokasi sumber air seperti kanal mau pun embung, sekolah, helipad, jumlah peralatan pemadaman, penegakan hukum karhutla, dan lainnya. (jnh/shd/jb)


Dapatkan berita terbaru dari kami, dengan cara klik like atau suka Fanspage FB ini


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar