Tentara Kepada Pasukan TMMD Kotabaru: Jangan Curi Salatmu


"Sejahat-jahat pencuri adalah yang mencuri dari salatnya.

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana mencuri dari salat?”.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam berkata, “Dia tidak sempurnakan rukuk dan sujudnya.”

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Di sela kegiatan TMMD 105 lebih dikenal dengan sebutan tentara masuk desa, Kasim 1004 Mayor Inf Samsul Kusairi memberikan tausiah lepas salat Isya, Jumat (19/7/19). Di Masjid Darul Hijrah, Desa Subur Makmur.

Di lokasi TMMD yang berjarak sekitar 100 kilometer dari pusat kota itu, Samsul meminta pasukannya salat dengan gerakan yang benar.

"Rukuk, punggung lurus. Mata menatap ke tempat sujud. Jangan langsung berdiri, tapi tuma'ninah dulu," ujarnya.

Samsul saat itu memperagakan gerakan-gerakan salat yang benar. Dia pun mengingatkan hadis Nabi, tentang buruknya mereka yang tidak sempurna rukuk dan sujud.

Mayor Inf Samsul Kusairi memperagakan gerakan salat di Masjid Darul Hijrah kepada warga dan pasukan TMMD 105

Kata Samsul, jika semua gerakan salat dilakukan dengan benar. Bukan saja pahala didapat. Tapi juga kesehatan.

Sudah banyak sebutnya, penelitian ilmiah dilakukan terkait gerakan salat.

Seperti, gerakan rukuk. Punggung yang lurus, sehingga apabila gelas berisi air ditaruh tidak akan tumpah. Posisi ini, jantung dan otak sejajar. Dampaknya aliran darah di tubuh bagian tengah akan lancar.

I'tidal yang baik juga akan membuat organ pencernaan menjadi lancar.

Sedangkan sujud, katanya, dapat mengalirkan darah lebih maksimal ke otak. Beberapa penelitian menyebut, ada bagian otak tertentu yang hanya dapat maksimal dialiri darah ketika posisi sujud.

"Jadi jangan jadi pencuri. Lakukan salat degan tenang dan tuma'ninah," ujar Samsul kepada Jurnal Banua.

Sekadar diketahui, sudah sepuluh hari sebanyak 114 anggota TNI AD bekerja di Desa Subur Makmur dan Sumber Sari.

"Sasaran kita ada pembangunan jalan, bedah rumah, pembuatan MCK, rehab musala. Juga tiap hari kita gelar kegiatan pendidikan, sosial budaya dan keagamaan, seperti ikut warga pengajian, salat berjamaah," ujar Dandim 1004 Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto belum lama tadi.

Dandim berharap, dengan adanya TMMD pembangunan di desa semakin meningkat. Juga sinergitas TNI, rakyat, dan pemerintah semakin kuat.

"Melihat perkembangan di lapangan, kami optimis semua target pembangunan fisik bisa selesai sebelum penutupan TMMD," ujarnya. (JB)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar