Penerbitan NIB Meningkat, Keberhasilan Pemkab Tanbu dalam Jalankan Program Jemput Bola



Peningkatan penerbitan NIB di Tanbu. | Foto : Tangkapan layar


JURNALBANUA, BATULICIN - Penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) di Tanah Bumbu mengalami peningkatan signifikan.

Kerja keras dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tanbu ini menembus angka 2.859  di tahun 2023, yang mana berbanding jauh pada tahun 2022 yang hanya mencapai 1.667 NIB.

Kepala DPMPTSP Tanbu Adrianto Wicaksono melalui Kepala Bidang Perizinan dan Non Perizinan, Yurianah, menyampaikan jika capaian angka ini tidak lepas dari inovasi dan strategi sistem pelayanan jemput bola melalui kecamatan dan desa.

“Pola jemput bola ini memudahkan pelaku usaha untuk mendapatkan NIB. Mengingat masih banyak pelaku usaha tersebut yang tidak memahami sistem online,” ucapnya, Selasa (19/03/2023).

Kenaikan yang sangat signifikan ini, sambungnya di dukung pula oleh layanan pendampingan kepada pemohon yang memproses izin NIB.

“Istimewanya, layanan ini gratis,” kata Yurianah.

Kemudian untuk menunjang peningkatan sumber daya manusia di kecamatan dan desa. Maka bimbingan teknis turut di berikan kepada Kasi Pelayanan dan Staf Admin PATEN di tiap kecamatan.

Dalam pelayanan extra menuju kemudahan layanan ini. Baik perizinan dan non perizinan, pihak DPMPTS sudah mengencarkan melalui aplikasi OSS RBA maupun Myperizinan dan SIMBG.

“Dengan kemudahan perizinan berusaha harapannya banyak investor yang akan masuk berinvestasi di Tanbu. Serta ikut membangun daerah yang juga mempunyai isu strategis sebagai penyangga IKN,” tutupnya. (dr/adv/jb)



Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar