Sudian Jajaki Pondasi Kerja Sama dengan Penajam, Begini Peluang Bisnisnya

Kabar gembira, Bumi Bersujud akan menjalin kerja sama di berbagai bidang dengan calon ibukota negara Penajam Paser Utara.
Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor (kanan) menjelaskan potensi kerja sama di hadapan Pemkab Penajam Paser Utara, Kamis (4/2/20) | Foto: Taufik/Humas Tanah Bumbu - Jurnal Banua
JURNALBANUA.COM, PENAJAM - Kabar gembira, Bumi Bersujud akan menjalin kerja sama di berbagai bidang dengan calon ibukota negara Penajam Paser Utara.

Momentum bisnis itu terungkap dalam kunjungan kerja Bupati H Sudian Noor ke Penajam, Kamis (4/2/20) tadi.

"Penetapan IKN di Penajam telah memberikan peluang bagi Tanah Bumbu, karena turut menjadi daerah penyangga bagi IKN," jelas Sudian.

Untuk itu lanjutnya, sedari dini Penajam dan Tanah Bumbu harus menjalin kerja sama yang apik. Tujuannya untuk memetakan semua potensi yang dapat memberikan keuntungan bagi dua daerah ini.

Ia mencontohkan, banyak truk angkutan barang yang masuk ke Tanah Bumbu berasal dari Kalimantan Timur. Hal ini karena kapasitas pelabuhan di Bumi Bersujud masih terbatas.

Ketua PKK Tanah Bumbu Sadariah Sudian Noor menyerahkan kenangan kepada Ketua PKK Penajam Paser Utara Risna Rais Abdul Gafur | Foto: Taufik/Humas Tanah Bumbu - Jurnal Banua
“Setelah bongkar, mereka pulangnya ada yang kosong. Apabila kekosongan itu diisi dengan komoditi dari Tanah Bumbu, maka jadi lebih menguntungkan,” jelasnya.

Mewakili Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Masud, Plt Sekda Muliadi menjabarkan beberapa potensi di daerahnya.

"Beberapa potensi unggulan yang ada, diantaranya pertanian, perkebunan dan perikanan," bebernya.

Setelah wilayah Penajam ditetapkan menjadi Ibukota Negara (IKN) baru, maka pembangunan masyarakatnya pun turut menyesuaikan.

“Seribu lebih warga telah dilatih dengan 83 jenis keahlian, semua itu guna menyambut IKN. Kami juga membuka peluang kerja sama apapun, baik itu pertanian, perkebunan atau perikanan,” ungkapnya dihadapan Sudian Noor.

Pertemuan seperti ini nanti lanjutnya, bisa ditindaklanjuti dengan nota kesepahaman serta pertemuan antara SKPD masing masing Pemkab guna mengaplikasikan potensi kerja sama yang ada.

Dalam kunjungan kerja yang terkait pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat itu, Sudian Noor dan Ketua TP PKK Hj Sadariah turut didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Nahrul Fajeri, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ardiansyah, dan beberapa pejabat lainnya.

Kedatangan Bupati dan istri disambut oleh Bupati Penajam Paser Utara H Abdul Gafur Mas’ud diwakili Plt Sekretaris Daerah PPU Muliadi dan jajaran, serta Ketua TP PKK PPU Risna Rais Abdul Gafur beserta Wakil Ketua dan Sekretaris TP PKK. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar