Kisah Spiderman dari Kotabaru, Bantu Anak di Hantakan Barabai, Begini Pesannya

Di Hollywood ada Peter Parker, manusia laba-laba yang suka menolong sesama. Di Kotabaru ada Ancah, yang juga suka menjelma jadi Spiderman, baru-baru menolong anak-anak di Hantakan Hulu Sungai Tengah.
Ancah atlet panjat tebing asal Kotabaru memakai kostum Spiderman saat memberikan bantuan ke Hantakan Barabai | Foto: IST
Di Hollywood ada Peter Parker, manusia laba-laba yang suka menolong sesama. Di Kotabaru ada Ancah, yang juga suka menjelma jadi Spiderman, baru-baru menolong anak-anak di Hantakan Hulu Sungai Tengah.

JURNALBANUA.COM, BARABAI - Aksi Spiderman Ancah benar-benar mengobati duka anak-anak di Desa Halat Kecamatan Hantakan. Desa yang luluh lantak dihantam banjir bandang awal Januari tadi.

"Foto dong, Om," pinta seorang anak ketika Ancah tiba di sana membawa bantuan.

Di balik kostum laba-laba merahnya, diam-diam Ancah menyembunyikan haru. Dia melihat sendiri sisa-sisa amuk air bah di sana.

"Jembatan banyak putus. Rumah rusak, orang-orang kebingungan," tuturnya kepada Jurnal Banua, Jumat (22/1) sore kemarin.

Ancah berangkar dari Kotabaru, lima hari lalu. Dia merupakan anggota atlet panjat tebing senior. Rekannya bertebaran di mana-mana.

Sebelum ke Barabai, Ancah lebih dahulu memberikan bantuan di Tala, dan Kabupaten Banjar. "Di Sungai Tabuk ada yang kami datang dengan kelotok, karena akses darat tidak bisa," bebernya.

Bantuan yang dia bawa datang dari banyak dermawan. "Di Kotabaru pas belanja di pasar, ada yang ngasih ikan kering. Katanya untuk dapur umum," kenangnya.

Dan pagi tadi, dia sampai di Hantakan. Salah satu kawasan yang terparah kerusakan pasca banjirnya. Dia jalan kaki setengah kilometer menuju Desa Halat.

Melihat banyak anak-anak, dia memutuskan untuk memberi sedikit hiburan. Memakai kostum Spiderman. Kostum itu miliknya sendiri, sudah sering dipakai aksi, seperti mengibarkan bendera merah putih di ketinggian gedung.

"Untuk pakaian kami lihat sudah berlebih di sini. Menumpuk. Yang diperlukan itu bahan makanan, susu-susu anak," ujarnya.

Spiderman dan Superman bertemu di Hantakan | Foto: IST
Kepada relawan yang mau masuk ke lokasi bencana, dia menyarankan untuk berhati-hati. Karena akses di beberapa titik sulit dilalui.

"Kami juga berterima kasih kepada warga, yang sepanjang jalan banyak memberi kami tumpangan dan makanan untuk melanjutkan perjalanan," pungkasnya. (shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar