Hari Kemerdekaan, Warga Kepulauan Bersihkan Tiga Ton Sampah di Pantai - Jurnal Banua
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hari Kemerdekaan, Warga Kepulauan Bersihkan Tiga Ton Sampah di Pantai

Hari Kemerdekaan, Warga Kepulauan Bersihkan Tiga Ton Sampah di Pantai

MANFAAT: Warga Kecamatan Pulau Laut Kepulauan rayakan kemerdekaan dengan membersihkan sampah di pantai

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Tidak ingin hari kemerdekaan berlalu formalitas belaka, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan melakukan aksi bersih pantai di daerah pelabuhan Sipatuo pada Sabtu (17/8/19).

Aksi tersebut dilakukan atas inisiatif pemuda dan dukungan dari pemerintah setempat dalam menyambut kemerdekaan Republik Indonesia.

"Ini adalah langkah awal untuk menuntaskan persoalan sampah di kecamatan Pulau Laut Kepulauan khususnya desa Tanjung Lalak Selatan dan Tanjung Lalak Utara" kata Camat Pulau Laut Kepulauan, Djoko Prayitno.



Kegiatan tersebut melibatkan berbagai unsur lapisan masyarakat, mulai dari Kecamatan, Puskesmas, pemerintah desa, sekolah, dan berbagai organisasi kepemudaan serta tokoh-tokoh masayarakat.

"Kegiatan ini sangat mendukung program desa yang belum terlaksana," ujar Kepala Desa Tanjung Lalak Selatan, Awaluddin.

Sementara itu, Koordinator Fikri kegiatan tersebut merupakan tahap awal untuk membangun kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat bagi masyarakat.

"Walaupun belum semua daerah pantai dapat terjangkau, setidaknya kita dapat merasakan semangat menjaga lingkungan, tergambar dari antusias para peserta susur sampah tadi siang. Lima hingga sepuluh tahun kedepan, kita menargetkan Tanjung Lalak bisa jadi desa wisata unggulan," ujarnya

Pada kesempatan yang sama Ketua Gempal (Gerakan Milenial Kepulauan Peduli Lingkungan), Sukran mengatakan aksi bersih itu sebagai langkah untuk merangsang pemuda. "Mudah-mudahan dengan adanya aksi ini dapat menggugah semangat pemuda sebagai salah satu potensi yang dimiliki desa," ujarnya.

Pembina Gempal, Irwanto memaparkan. Kegiatan tersebut mengundang banyak simpati dari warga. "Ada yang tiba-tiba bawa makanan dan air minum. Ada sekitar tiga ton sampah berhasil kami kumpulkan," akunya. (JB)


Space Iklan

Tags

Posting Komentar