Berlimpah Daging Kurban, Desa Sungai Kupang Jaya Bagi Sapi Hingga ke Kecamatan

Warga Desa Sungai Kupang Jaya memotong sapi kurban. Tahun ini jumlah sapi yang dikurbankan melimpah

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Desa Sungai Kupang Jaya, Kecamatan Kelumpang Selatan, bisa berbangga hati. Daging kurban mereka melimpah, semua rumah dapat dan masih bisa dibagi ke desa tetangga yang lain.

Kepala Desa Sungai Kupang Jaya, Yanto Saputra kepada Jurnal Banua, Senin (12/8/19) tadi mengatakan. Total sapi yang dikurbankan sebanyak 11 ekor, plus kambing 3 ekor.

Adapun total daging yang dibungkus sebanyak 740 kantong. Sementara jumlah KK di desa ada 366.

Kades Sungai Kupang Jaya, Yanto Saputra (tengah) berpose bersama warganya

"Lebihan, makanya kami bisa bagi sampai ke kecamatan," ujar Yanto.

Puluhan warga menjadi panitia kurban itu. Struktur tugas mereka bahkan ditulis besar-besar. Ada yang kebagian memotong daging, tulang.

Bahkan petugas yang mengurusi jeroan dan kepala pun ada. "Supaya sistematis dan teratur. Karena kalau tidak jelas pembagian tugasnya, gak efisien nanti, rebutan," kata Yanto.

Siapa yang berkurban itu? Kata Yanto, yang berkurban adalah warga desanya.

"Semoga tahun depan kami dapat berkurban lebih banyak lagi," harapnya.

Caleg DPRD Kotabaru terpilih periode 2019 - 2024 Awaludin, diminta tanggapannya mengatakan, banyaknya kurban di desa pelosok itu menandakan majunya perekonomian desa.

"Itu perlu kita apresiasi," ujarnya.

Jumlah kantong daging sapi melebihi jumlah KK di Sungai Kupang Jaya

Menurut Awaludin, perputaran ekonomi di hari raya kurban berdampak positif terhadap masyarakat menengah ke bawah. "Bagi mereka yang sudah berkurban, semoga mendapat ganjaran pahala berlipat ganda," imbuhnya.

Hari raya kurban sendiri diperingati umat muslim tiap tahun. Bukan saja bernilai ibadah kepada sang pencipta. Tapi juga mendorong ekonomi lokal.

Begitu tingginya perputaran ekonomi hari raya kurban, hampir semua situs jual beli online membuka layanan kurban online.

"Dua tahun ke belakang (2017-2018) kampanye Buka Qurban berhasil menembus lebih dari 10 ribu transaksi dengan nilai lebih dari Rp 5 miliar," kata
Senior Corporate Communications Manager Bukalapak Gicha kepada Republika Jumat (9/8/19). (JB)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar