Jokowi Tak Terkalahkan di Mayoritas Pedesaan, Bagaimana Pesisir Kotabaru... - Jurnal Banua
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jokowi Tak Terkalahkan di Mayoritas Pedesaan, Bagaimana Pesisir Kotabaru...

Jokowi Tak Terkalahkan di Mayoritas Pedesaan, Bagaimana Pesisir Kotabaru...

Salah satu spot wisata di pesisir Pulau Laut

Lembaga survei internasional Roy Morgan melakukan analisis elektabilitas pasangan Capres di Indonesia. Hasilnya menarik untuk disimak.


JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Awal Maret, Roy Morgan mengeluarkan siaran pers. Hasil survei mereka di Indonesia pada Januari 2019 tadi.

Hasilnya Jokowi menang dengan perolehan 52 persen. Sementara kubu Prabowo hanya meraih sekitar 48 persen, turun 5 persen dari hasil Pemilu 2014.

Kekuatan Jokowi berasal dari kerja solid partai PDIP. Sementara Gerindra memberikan kontribusi kepada Prabowo sekitar 25 persen.

Untuk kekuatan wilayah, Jokowi unggul telak di daerah pedesaan. Sebesar 63,5 persen. Sementara di daerah perkotaan persaingan sengit, Jokowi di posisi 53 persen dan Prabowo sebanyak 47 persen.

Sedang jenis kelamin pemilih, secara mengejutkan kalangan emak-emak sebanyak 61 persen ke Jokowi, sisanya 39 persen ke Prabowo. Untuk pria selisihnya tipis, unggul Jokowi di kisaran 10 persen.

Sementara untuk pemilih milenial Jokowi unggul 10 persen. Usia dewasa Jokowi menang telak selisih 23 persen dengan Prabowo. Usia paruh baya Jokowi unggul 9 persen. Dan usia lanjut, Jokowi menang 7 persen selisih suara dari Prabowo.

Michele Levine, Chief Executive Officer, Roy Morgan mengatakan, dukungan kuat untuk Jokowi tidak terlalu mengejutkan. Karena orang menganggap Indonesia telah menjadi ekonomi G20 terbaik kedua (setelah China). Sekarang rata-rata pertumbuhan sekitar 5 persen, selama masa jabatan pertama Jokowi di 2014.

“Dukungan Jokowi tersebar luas namun ini paling kuat di daerah pedesaan di luar ibukota Jakarta, termasuk daerah rumahnya di Jawa Tengah, Jawa Timur & Bali, provinsi utara Sumatera dan pulau Sulawesi. Jokowi juga memiliki sentuhan ajaib dengan wanita Indonesia. Lebih dari 60 persen wanita mendukung Jokowi dibandingkan dengan hanya 39 persen yang mendukung Prabowo," ujarnya.

Sementara itu Guru Besar Universitas Jember Prof M Arief Amrullah, yang merupakan putra kelahiran Kotabaru Kalsel kepada Jurnal Banua, Rabu (13/3) malam tadi mengatakan. Salah satu keberhasilan Jokowi adalah program dana desa yang ia nilai mampu meningkatkan perkembangan ekonomi di perdesaan. (JB)

Baca juga: Mayoritas Jokowi di Pesisir Nelayan Pulau Laut

Sumber artikel: Jokowi set for comfortable victory in April Presidential Election
Space Iklan

Tags

Posting Komentar