Waspada..! Akhir Februari Diprediksi Hujan, Petir dan Angin - Jurnal Banua -->

Waspada..! Akhir Februari Diprediksi Hujan, Petir dan Angin

MENDUNG: Suasana di pesisir Pulau Laut belum lama tadi | Foto: Jurnal Banua

JURNALBANUA.COM, KOTABARU - Waspada..! Akhir Februari wilayah Kalsel diperkirakan akan dilanda hujan, petir dan angin kencang.

Hal itu disampaikan Kepala BMKG Kotabaru Cucu Kusumayancu. Meneruskan siaran pers dari Deputi Bidang Meterologi BMKG Jakarta R Prabowo, Sabtu (23/2) siang tadi.




Dalam siaran pers itu disebutkan. Pada tanggal 26 sampai 28 Februari 2019, Kalsel berpotensi mengalami hujan lebat, angin dan petir.

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain adanya sirkulasi siklonik di sekitar wilayah Sumatera dan sirkulasi tertutup di Kalimantan Barat dan Selat Makasar.

Membentuk belokan dan pertemuan angin yang menyebabkan massa udara akan cenderung terkonsentrasi di wilayah tersebut.

Kondisi udara yang relatif lebih lembap juga mendukung pertumbuhan awan-awan hujan. Diprakirakan keadaan ini akan berlangsung hingga 3 hari kedepan.

Lebih lanjut dijelaskan, aktivitas sirkulasi tersebut akan menurun dan digantikan dengan area pertemuan belokan angin yang memanjang dari wilayah Sumatera hingga Jawa.




Itu terbentuk karena sirkulasi siklonik di wilayah Australia bagian Utara. Area pertemuan belokan angin ini juga akan membuat pertumbuhan awan.

Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto meminta para nelayan terus memperhatikan cuaca. "Utamakan keselamatan. Nomor satu safety," ujarnya seraya berjanji terus mengkoordinir anggota di lapangan untuk melayani warga. (Jurnal Banua)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar